Portal Berita Akurat dan Inspiratif - Mengedukasi Nusantara

Bawaslu NTB Terus Pantau Akun Facebook Tim Sukses Paslon

suaranusa.com, Mataram- Bawaslu NTB Pantau Akun Facebook Timses Paslon.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memantau segala aktifitas akun Media Sosial (Medsos) seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya yang dimiliki  para Tim Sukses pasangan calon.

Namun, akun yang dipantau tersebut hanyalah akun timses yang terdaftar di KPU. Tujuannya, untuk mengantisipasi segala bentuk pelanggaran yang dilakukan selama pemilu.

“Bawaslu akan memantau terus menerus akun yang didaftar di KPU, jika akun Timses tersebut melakukan pelanggaran maka akan diklarifikasi apakah masuk ke ranah Pidana atau tidak,” ujar Umar Ahmad Syeth, Kordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu NTB, Rabu (24/1/2018).

Umar mengatakan, jika akun selain yang terdaftar di KPU melakukan pelanggaran Pemilu maka itu bukan menjadi otoritas Bawaslu untuk menindak.

Akan tetapi, kata Umar, akun yang tidak terdaftar tersebut menjadi ranah kepolisian untuk menindak sesuai yang berlaku di kepolisian pula..

Begitu juga dengan akun palsu (Anonymous), dia mengatakan akun palsu (Anonymous) tetap menjadi kewenangan kepolisian untuk menindak meskipun akun tersebut milik salah satu Timses.

“Selama akun itu itu tidak tedaftar di KPU menjadi kewenangan polisi. Bawaslu hanya memantau akun yang terdaftar,” kata Umar.

Selain Akun Timses, Bawaslu juga terus memantau secara ketat akun ASN untuk memastikan netralitas para pegawai negeri ini.

Sebab, pengawasan ASN selama Pilkada ini merupakan ranah Bawaslu sesuai dengan surat edaran menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

“Untuk menjaga netralitas ASN, maka akun ASN tetap kami pantau,” tandas Umar.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.