Portal Berita Akurat dan Inspiratif - Mengedukasi Nusantara

Ini Peran Besar TNI Dalam Mendamaikan Warga Monjok dan Taliwang

Suaranusa.com, Mataram- Beberapa hari yang lalu, dua kelompok warga yang bertikai yaitu asal kelurahan Monjok dan Kelurahan Taliwang, Mataram, NTB sepakat untuk menghentikan pertikaian dan berdamai. Perdamaian tersebut ditandai dengan cara menyerahkan senjata- senjata yang dimiliki warga ke aparat keamanan.

Namun dibalik itu, ternyata ada peran besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang juga ikut menjadi inisiator dalam perdamaian tersebut. Seperti yang diutarakan beberapa tokoh warga asal kedua daerah tersebut.

Mereka memuji giat yang dilakukan Babinsa Kelurahan Monjok Kecamatan Mataram, Serka Maad Adnan dibantu Sertu Nurdin dan juga Babinsa Kelurahan Karang Taliwang Serma I Ketut Wiliana juga dibantu Pelda Hada Umar

Warga mengaku peran kedua Babinsa untuk mendamaikan warga selama terjadi pertikaian sangat besar. Hal itu diketahui dari keberadaan para Babinsa yang selalu hadir di tengah-tengah warga baik siang maupun malam sambil memberikan imbauan agar tidak bertikai.

“Mereka (Babinsa) selalu bersabar menjaga dan melerai kami, dan mengimbau untuk menghentikan perkelahian karena tidak bermanfaat dan malah menimbulkan kerugian katanya,” ujar Ashimin, kepala lingkungan karang Taliwang, Kamis (1/2/2018).

Warga juga menyampaikan terimakasih kepada Babinsa dan anggota Koramil yang dengan persuasif menjaga dan terus mengimbau dan serta mendorong warga untuk mencari jalan damai dan menyelesaikan masalah yang terjadi. Termasuk salah satunya imbauan untuk menyerahkan senjata.

“Atas saran dan himbauan Pak Babinsa dan Koramil, kami dengan suka rela tanpa ada paksaan ataupun tekanan dari siapapun bersedia menyerahkan senjata yang kami gunakan kepada aparat, dan itupun atas pengawalan para Babinsa dan Koramil,” sambung Ashimin didampingi Bohari kepala Lingkungan Monjok Culik.

Terkait hal itu, Dandim 1606/ Lombok Barat Letkol Czi Joko Rahmanto mengapresiasi kinerja prajuritnya yang melakukan komunikasi sosial (Komsos) dalam mecegah pertikaian tersebut. Ia mengaku, apa yang dilakukan prajuritnya itu merupakan sebuah metode pembinaan territorial.

“Kedua Babinsa tersebut bersama Danramilnya secara bersamaan melaksanakan Komsos di masing-masing keluarahan binaanya dan menghimbau masyarakat untuk menghentikan pertikaian dan menempuh jalan damai,” Letkol Czi Joko Rahmanto.

Selain itu Joko juga meminta kepada para babinsanya untuk mengimbau masyarakat agar menyerahkan senjata yang digunakan selama bertikai untuk diserahkan kepada aparat terkait mengingat ketentuan atau sanksi kepemilikan senjata amat berat.

Sementara itu, Danrem 162/WB, Kolonel H. Farid Makruf di sela-sela kesibukannya mengucapkan terimakasih atas kinerja Koramil dan para Babinsa yang siang malam melakukan pendekatan kepada para tokoh kedua kampung dengan terus melakukan komunikasi efektif yang akhirnya membuahkan hasil.

Farid berharap para Babinsa terus melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembannya untuk bekerja dan membantu masyarakat binaannya dimanapun berada dengan megndepankan semboyan berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas.

“Semoga hasil kerja keras kalian yang dengan sabar dan ikhlas selama ini dicatat sebagai amal ibadah disisi-Nya”, kata Farid memungkasi.

(SN-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.