Portal Berita Akurat dan Inspiratif - Mengedukasi Nusantara

Waspadalah! Angin Kencang di NTB Diperkirakan Hingga 31 Januari

Suaranusa.com, Mataram- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, angin kencang yang melanda sebagian besar daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berkecepatan 50 Kilometer (Km) per jam dan akan berlangsung selama tiga hari.

Hal itu diungkapkan Prakirawan BMKG Stasiun Meteorolgi Bandara International Lombok (BIL) Et Oral Sem Willar dalam keterangan pers yang diterima suaranusa.com, Minggu (28/1/2018).

“Kondisi peningkatan kecepatan angin di wilayah NTB di prakirakan bisa mencapai nilai maksimum hingga 50 km/jam dan masih akan berlangsung hingga 31 Januari 2018,” kata Sem Willar.

Sem mengatakan, penyebab terjadinya angin kencang tersebut dikarenakan tekanan rendah yang berada di Selatan Equator tepatnya di daratan Utara Australia.

Dia mengatakan, rata-rata tekanan udara saat ini di wilayah equator indonesia berkisar pada nilai 1008hPa, kemudian tekanan rendah yang terbentuk di daratan Utara Australia saat ini mencapai nilai 992 hPa.

“Selisih tekanan udara yang besar tersebut memicu peningkatan kecepatan angin pada daerah yang di laluinya,” kata dia.

Karena itu dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti pohon tumbang dan juga peningkatan tinggi gelombang yang mencapai lebih dari dua meter di Selat Lombok, Selat Alas, Selat Sape, Perairan Utara dan Perairan Selatan NTB.

(SN-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.