Demi Wisatawan, Parkir Perahu Nelayan Dipindah ke Pantai Duduk

Suaranusa.com, Mataram- Dinas pariwisata provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar rapat terbuka dengan berbagai instansi termasuk aparat TNI dan Polri untuk menyelesaikan masalah keluhan nelayan akibat Meja dan Kursi di sepanjang pantai Senggigi yang mengakibatkan para nelayan tak bisa menambatkan kapalnya.

Pada pertemuan tersebut seluruh instansi sepakat memberikan solusi agar para nelayan tidak menambatkan kapalnya di pantai Senggigi dan memindahkan lokasi penambatan di pantai Duduk.

Meski keputusan di pantai duduk bisa mereka terima, namun rupanya solusi tersebut masih dikeluhakan nelayan. Lantaran, ombak pantai Duduk sama dengan pantai Ampenan yang memiliki gelombang tinggi dan arus yang deras.

“Kalau di Duduk itu sama aja dengan Ampenan, bisa keluar tetapi gak bisa masuk karena ombaknya besar. Tetapi tetap kami akan terima,” ujar Suliyan Kordintor nelayan pondok Perasi, Ampenan, Mataram (15/1/2018).

Para nelayan ini tetap meminta agar mereka diberikan ruang untuk menambatkan kapalnya di Sentosa selama angin barat ini tanpa harus membongkar bangunan.

Sayangnya, permintaan tersebut lagi-lagi ditolak oleh kepala Desa Senggigi dengan alasan pelarangan tersebut tidak hanya bagi nelayan Ampenan melainkan bagi seluruh nelayan.

“Tidak hanya nelayan luar saja kami larang, tetapi juga nelayan Senggigi. Tujuannya, untuk tetap menajaga pantai Senggigi agar ramah lingkungan dan bebas pandangan ke laut sebab Senggigi menjadi Ikon pariwisata Lombok,” kata Muhamad Ilham, Kepala Desa Senggigi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Mohammad Faozal mengatakan, solusi yang diberikan kepada para nelayan ini adalah solusi terbaik berdasarkan hasil keputusan bersama.

“Itu saya rasa solusi terbaik, jadi untuk sementara kami akan meminta agar nelayan menggunakan pantai Duduk, dan jangka selanjutnya akan dibuatkan Jetty dengan pemecah gelombang ,” kata dia.

“Jadi kedepannya, para nelayan ini punya tempat sendiri yang aman dari ombak dan tentunya pantai Senggigi akan terlihat benar-benar seperti pantai,” tandas Faozal.

(SN-01)

Comments
Loading...