Esok, KPU NTB Umumkan Hasil Tes Kesehatan Paslon

Esok, KPU NTB Umumkan Hasil Tes Kesehatan Paslon

Suaranusa.com, Mataram- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan para pasangan calon Gubernur dan pasangan calon Bupati atau Walikota esok hari, Rabu 17 Januari 2018.

“Kami sudah mengirimkan undangan kepada para tim penghubung pasangan calon untuk hadir besok pagi sekaligus menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan,” ujar Lalu Aksar Ansori, Ketua KPU NTB, Selasa (16/1/2018).

Dia menjelaskan hasil pemeriksaan kesehatan ini sangat penting karena menjadi satu satunya item persyaratan pencalonan yang tidak bisa direvisi.

Bahkan, saking pentingnya, jika tidak lolos maka pasangan calon tidak bisa ke tahap berikutnya atau dinyatakan gagal. Sama halnya jika paslon meninggal dunia.

“Jika meninggal maka tidak bisa mengikuti pilkada. Begitu juga dengan pemeriksaan kesehatan ini, jika gagal maka tidak bisa ikut pilkada,” kata Aksar.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) NTB, dr. IK. Gerudug MPH mengatakan hasil pemeriksaan ini bersifat murni tanpa ada campur tangan dari pihak manapun mulai dari waktu pemeriksaan hingga rapat pengumpulan hasil.

“Apapun hasilnya itu bersifat final, tidak ada interpensi. Kami bekerja sesuai prosedur yang berlaku,” kata IK. Gerudug.

(SN-01)

Comments
Loading...