Monyet Ekor Panjang Jadi Primadona Hutan Suranadi

Suaranusa.com, Lombok Barat- Bukan menjadi suatu rahasia bahwa kekayaan alam yang dimiliki pulau Lombok sangat beragam baik dari pantainya dan lautan juga gunung-gunungnya. Tak heran jika Lombok menjadi salah satu destinasi liburan wisatawan baik local maupun mancanegara.

Ternyata, tak hanya pantai, laut atau gunung namun di Lombok juga terdapat aneka hutan Lindung yang tentunya memiliki segudang keindahan. Salah satunya adalah Hutan Suranadi.

Hutan Suranadi terletak di Desa Suranadi, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Hutan ini merupakan  kawasan hutan Lindung yang luasnya  kurang lebih 52 hektar (Ha).

Lokasi hutan ini terbilang sangat gampang dijangkau yaitu hanya sekitar 20 menit dari pusat kota Mataram.

Wisatawan yang berkunjung ke hutan itu akan disuguhkan dengan berbagai flora dan fauna. Beberapa pohon  besar  banyak dijumpai selama mengitari kawasan hutan,  seperti pohon Bringin, Terep, Kemiri.

Begitu juga dengan aneka satwa seperti  Ular, Biawak, Kadal, dan berbagai jenis burung seperti Elang, Raja Udang menjadi  fauna yang banyak ditemukan.

Dari seluruh satwa yang ada di hutan itu, salah satu satwa yang mendominasi dan sering dijumpai di adalah Kera berwarna Abu- Abu dengan ekor panjang.

“Kera Abu-abu sangat banyak disini, kita bisa lihat mereka berseliweran hingga turun ke jalan,” ujar Herman, salah satu pengelola Hutan Suranadi, Senin (15/1/2017).

Herman mengatakan, Hutan Lindung Suranadi tak hanya dijadikan untuk rekreasi saja, namun juga bisa digunakakan untuk edukasi seperti penelitian tumbuhan.

Sebab, di Hutan ini banyak terdapat berbagai tumbuhan yang bisa dijadikan ajang penelitian obat-obatan.

“Di situ pengunjung bisa untuk camping (berkemah) atau meneliti seluruh tumbuhan yang ada,” kata Herman.

(SN-010)

Comments
Loading...