Langgar UU ASN, Seorang Pejabat Tinggi Pemprov NTB Akan Diperiksa Bawaslu

Langgar UU ASN, Seorang Pejabat Tinggi Pemprov NTB Akan Diperiksa Bawaslu

Suaranusa.com, Mataram- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Nusa Tenggara Barat akan memanggil salah satu Pejabat Pemerintahan provinsi NTB lantaran terlibat pelanggaran terhadap Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pejabat tersebut diduga ikut berpartisipasi terhadap salah satu pasangan bakal calon yaitu menggunakan mobil dinas untuk mengangkut masa pendukung saat mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB beberapa waktu lalu.

“Kami memiliki bukti bahwa ada fasilitas kendaraan milik negara yang digunakan untuk mengangkut massa pendukung pasangan calon saat mendaftar mendaftar,” ujar Itratip, Koordinator Divisi SDM dan Kelembagaan, Bawaslu NTB, Kamis (18/1/2018).

Itratip mengatakan, bawaslu NTB telah melayangkan surat pemanggilan pemeriksaan kepada pejabat yang mencederai profesi ASN dengan melanggaran aturan Undang-Undang ASN tersebut.

Namun Bawaslu enggan membeberkan siapa pejabat yang diduga memiliki eselon tinggi di Pemprov tersebut. Rencananya, pemeriksaan sang pejabat akan digelar dalam waktu dekat.

Setelah itu, Bawaslu akan mengirimkan surat rekomendasi dari Bawaslu kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menindaklanjuti sang pejabat. Sebab pemberian sanksi terhadap pelanggaran ASN bukan menjadi kewenangan Bawaslu.

“Setelah Pejabat itu kami periksa kami akan mengirimkan surat rekomendasi kepada KASN. Karena kami hanya bisa memberikan rekomendasi saja, jadi kami berharap KASN serius menindaklanjuti rekomendasi yang kami berikan itu,” tutup Itratip.

(SN-01)

 

 

 

Comments
Loading...