DPT NTB Tahun 2018 Ini berjumlah 3,7 Juta Pemilih

Suaranusa.com, Mataram- Ketua Komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) NTB, Lalu Aksar Anshori menyebut total jumlah pemilih dari seluruh kabupaten dan kota yang saat ini terdata di KPU berjumlah 3,7 juta orang.

Data tersebut masih belum ditetapkan sebagai data pasti melainkan hasil sinkronisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“DPT Pilkada 2018 akan ditetapkan pada bulan April mendatang. Hasil Sinkronisasi terakhir dari DPT dan DP4 sekitar 3,7 jutaan pemilih,” ujar Lalu Aksar Anshori, Sabtu (20/1/2018).

Salah satu cara yang digunakan KPU NTB umtuk mendapatkan data pasti pemilih tetap yaitu dengan melakukan gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) mulai hari ini 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

Teknis yang dugunakan adalah dengan menyebarkan 8.366 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ke seluruh tempat di NTB.

“PPDP akan mencocokkan data DPT di KPU dan meneliti kembali data pemilih dengan cara masuk ke semua rumah. Setelah itu baru akan diketahui jumlah pasti DPTnya,” kata Aksar.

Selain itu, Coklit ini juga akan mendata DPT penyandang disabilitas sehingga nantinya KPU bias menyiapkan sarana dan prasana termasuk sosialisasi bagi mereka.

Tak hanya itu, dengan coklit ini kata Aksar, juga akan membantu pemerintah daerah menyelesaikan keluhan masyarakat yang tidak memiliki KTP atau KK. Juga, Coklit ini diharapkan dapat membantu dinas sosial untuk mendapatkan data pasti jumlah penyandang disabilitas di NTB.

“Manfaat coklit ini sangat banyak, jadi selain untuk KPU mendapatkan DPT yang akurat, juga bermanfaat untuk pemerintah,” tandas Aksar.

 

(SN- 01)

Comments
Loading...