Hari Pertama ‘Coklit’, KPU NTB Mendata 76 Ribu Rumah

Suaranusa.com, Mataram- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di hari pertama telah melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) lebih dari 70 ribu rumah se provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Rata- rata setiap PPDP mendatangi 8-10 rumah dan dari rekap laporan yang kami terima telah tercoklit sebanyak 76. 149 rumah,” ujar ketua KPUD NTB, Lalu Aksar Ansori, Sabtu (20/1/2018).

Coklit yang didakan serentak di hari pertama ini telah menyasar beberapa kediaman pejabat publik dan kepala daerah, Seperti Wakil Gubernur, DPRD, Bupati, Walikota.

Tak hanya itu, petugas juga menyasar kediaman Atlit, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Qori dan Qoriah serta para penyandang disabilitas.

Aksar mengatakan, sebelum dimulainya kegiatan coklit ini, sebanyak 8.336 PPDP terlebih dahuku menggelar apel siaga di seluruh kantor KPU se NTB. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan pengumuman kepada warga melalui Masjid- masjid dan juga mobil keliling.

“Pengumuman juga dilakukan dengan cara pawai konvoi motor,” tandas Aksar.

Gerakan pencocokan dan Penelitian (Coklit) ini merupakan kegiatan serentak KPU di 171 daerah se Indonesia mulai Hari ini, Sabtu 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Kegiatan Coklit ini bertujuan untuk mendapatkan data pasti jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara Kegiatan Coklit di NTB, KPUD melibatkan sebanyak  8.336 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Setiap petugas PDP mendata 8 hingga 10 rumah perhari.

 

(SN-01)

 

 

Comments
Loading...