Sosok Brigadir Riri, Polisi Mataram Yang Menjadi Relawan Kemanusiaan

Suaranusa.com, Mataram- Membantu sesama merupakan sesuatu yang harus dilakukan ketika kita berada di tengah-tengah masyarakat, entah itu keluarga, tetangga, sanak family, handai taulan atau bahkan teman biasa.

Dalam kehidupan umat islam, Rasulullah S.A.W memberikan nasihat kepada setiap orang muslim untuk saling membantu dan saling tolong menolong.

Sebab, dengan cara itu berarti setiap muslim yang membantu meringankan beban saudaranya maka akan diberikan ganjaran.
Dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan dari Ath-Thabrani dalam buku Al-Ausath berbunyi “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama manusia,”.

Atas dasar hadits tersebut, seorang angota polisi polda NTB, bernama Brigadir Riri Cunda Girinata, telah mendirikan sebuah komunitas untuk membantu warga yang lemah terutama dalam hal kesehatan.

Komunitas yang dibangun tersebut bernama Relawan Kemanusiaan NTB atau disingkat REKAN NTB.

“Hadits rosulullah itu yang menjadi acuan saya untuk membantu mereka yang yang lemah. Dengan segala upaya saya, akhirnya saya bangunlah Rekan NTB ini,” ujar Brigadir Riri saat ditemui suaranusa.com, beberapa waktu lalu.

Brigadir Riri mengiklaskan sebagian hidupnya disetelah aktifitas kesehariannya sebagai seorang polisi dan berkecimpung di dunia kemanusiaan membuat sosok anggota Polri ini cukup dikenal khususnya di kalangan pegiat kemanusiaan lainnya.

Sejak pertama kali didirikan yaitu pada 2017 lalu, banyak bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat terutama bagi mereka yang hidup dengan ekonomi jauh dibawah rata-rata.

Bantuan tersebut tidak hanya bantuan dana namun juga pendampingan pasien miskin yang mengidap penyakit kronis dan tidak memiliki dana untuk berobat tanpa memberatkan ke pasien atau keluarga pasien.

“Kami mencarikan bantuan kepada para muhsinin, dan kami dampingi pasien hingga benar benar sembuh. Alhamdulillah banyak yang sudah teratasi,” kata dia.

Saat ini Rekan NTB tengah mendampingi salah satu pasien Sahdan 26 tahun asal Mendagi Beleke, Gerung Lombok Barat. Sahdan menderita Bocor Usus akibat kecelakaan sepeda motor 5 tahun yang lalu dan saat ini tengah menjalani perawatan medis di RS. Sanglah, Bali.

Secara perlahan proses pengumpulan danapun dilakukan untuk biaya perawatan pasien, baik dengan cara penggalangan dana di pinggir jalan bersama beberapa Comunitas kemanusiaan lainnya, juga penggalangan dana melalui media sosial.

Tak hanya pasien namun ternyata Rekan NTB juga menyantuni anak yatim piatu serta mereka yang sudah lanjut usia dengan ekonomi tak layak menjadi sasaran kegiatan mereka dalam menjalankan misi kemanusiaan ini.

Mendapat Penghargaan dari Kapolda NTB

Aktifitas Brigadir Riri sebagai relawan kemanusiaan patut diacungi jempol. Bayangkan saja, hanya dengan mengikuti kata hatinya untuk membantu mereka yang lemah, sosok brigadir ini telah merekahkan senyuman banyak orang.

Ia pun mendapatkan penghargaan dari Kapolda NTB, Brigjen (Pol) Firli, atas jasanya membantu banyak orang sekaligus sebagai pelopor mendirikan Komunitas Relawan Kemanusian untuk membantu masyarakat miskin dan sakit.

Kini Rekan NTB telah memiliki puluhan anggota yang dengan sendirinya tertarik untuk bergabung di komunitas ini untuk membantu masyarakat miskin dan sakit.

Selamat berjuang membantu rakyat lemah pak Brigadir Riri Cunda Girinata. Semoga Allah membalas jasa-jasamu.

(SN-01)

Comments
Loading...