KPU NTB Siapkan Kertas Suara Bagi Pemilih Tuna Netra

Suaranusa.com, Mataram- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mempersiapkan alat bantu, untuk di berikan kepada penyandang tuna netra. Hal itu bertujuan, agar pemilih yang menderita tuna netra bisa berpartisipasi pada pilkada Juni 2018 mendatang.

“Kami sudah siapakan alat bantu untuk penyandang tuna netra, mereka tinggal meraba, siapa yang ingin dipilihnya,” kata Ketua KPU NTB,  Lalu Askar Ansori.saat ditemui di ruangannya, Senin (19/02/18).

Aksar menjelaskan, saat ini timnya tengah merekap berapa Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang bisa ikut mencoblos saat pilkada serentak berlangsung. KPU juga mendata dari DPT tersebut data para pemilih yang menyandang disabilitas.

Selain mempersiapkan alat peraga pencoblosan seperti surat suara, KPU juga rutin menggelar sosialisasi kepada para netra ini. Hal itu agar para tuna netra mengetahui siapa saja calon gubernur yang akan bertanding.

“Jadi mereka akan mengetahui siapa yang mereka akan pemilih. Surat suaranya pake Brailer, begitu juga dengan bentuk TPSnya akan disesuaikan,” kata Aksar.

Sementara itu terkait DPT, Aksar mengatakan saat ini PPS se NTB sedang merekap data DPT yang diperoleh dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melalui gelaran pencocokan dan penelitian (Coklit).

Ia mengatakan daftar pemilih tersebut masih belum tetap atau disebut Daftar Pemilih Sementara (DPS). Karena itu, jika ada yang kurang maka diberikan waktu untuk perbaikan.

“Insya Allah Bulan April benar benar Valid data DPT yang kami terima untuk dijadikan acuan pada Pilkada Juni 2018 mendatang,” tandas Aksar.

(SN-Pardi)

Comments
Loading...