Puskesmas Eyat Mayang Resmi Beroperasi

Suaranusa.com, Lobar–Puskesmas Eyat Mayang Kabupaten Lombok Barat (Lobar) resmi beroperasi mulai hari ini, Jum’at (23/2/2018). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh PJS Bupati Lobar, Lalu Saswadi, didampingi Sekda Lobar, Moh Taufiq dan Kadis Kesehatan Lobar, Rachman Sahnan Putra.

Proses pembangunan Puskesmas Eyat Mayang yang dimulai sejak  tahun 2017 menelan biaya hingga Rp. 2,7 Miliar.

Kadis Dikes, Rachman Sahnan Putra mengatakan bahwa Puskesmas ini akan menyasar lima Desa di Kecamatan Lembar.

“Saat ini di Lobar terdapat 19 Puskesmas, Puskesmas Pembantu 59, Poskesdes 119 dan 889 Posyandu. Keberadaan semua ini dimaksudkan untuk meningkatkan derajat kesehatan di Lobar,” ungkap Rachman.

Saswadi, PJS Bupati Lobar mengungkapkan bahwa peningkatan jumlah puskesmas di kabupaten Lombok barat sangat berdampak besar bagi kesehatan masyarakat utamanya pada perempuan hami dan melahirkan.

“Kita semua patut berbangga bahwa kinerja tenaga kesehatan di Lobar telah mampu meningkatkan indikator kesehatan,” kata Saswadi.

Buktinya sambung Saswadi, dalam 5 tahun terakhir, angka kematian ibu hamil menurun dari 18 orang menjadi 5 orang. Angka kematian bayi menurun dari 211 kasus menjadi 36 kasus. Ini semua patut diapresiasi. Ke depan juga kita berharap angka kematian bisa menjadi nol,” ungkap Saswadi.

Saswadi mengharapkan dengan keberadaan Puskesmas  yang baru ini kesehatan masyarakat di Lobar bisa semakin meningkat. Ia juga berharap agar nantinya Puskesmas ini memiliki ruang rawat inap agar bisa menampung masyarakat yang harus menjalani rawat inap.

“Harapan saya dengan adanya Puskesmas ini kesehatan masyarakat wilayah sini bisa meningkat dan juga kalau bisa harus ada rawat inapnya,” kata Saswadi berharap.

Beberapa waktu sebelumnya di tahun yang sama ini diresmikan juga satu Puskesmas yaitu Puskesmas Suranadi yang telah beroperasi saat ini. (SN-06)

 

Comments
Loading...