Ada di Lombok Ini Kegiatan Angkatan Laut Negara-Negara Dunia

Ada di Lombok Ini Kegiatan Angkatan Laut Negara-Negara Dunia

Suaranusa.com, Mataram–TNI Agkatan Laut (TNI AL) menggelar Konferensi Final Planning Confrence (FPC) dalam rangka 3rd Multilateral Naval Exercise komodo 2018, di Hotel Golden Palace, Mataram, Selasa(06/03/2018).

Acara ini dibuka oleh Asisten Operasi(Asops) Kasal laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) laksamana TNI Ade Supandi. Acara ini dihadiri lebih dari 25 negara.

Diantaranya Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Vietnam, Philipina, Singapura, China, Polandia, Brazil, Mexico, Rusia, Australia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Peru, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Prancis, Myanmar dan Sri Lanka.

Acara multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 adalah latihan bersama yang melibatkan banyak negara. Salah satu tujuan acara ini untuk membangun kepercayaan anggkatan laut negara-negara di dunia khususnya yang berkaitan dengan permasalahan keamanan maritim.

Ary Atmaja mengatakan selain berdiskusi dalam pelaksanaa FPC juga melakukan peninjauan terhadap lokasi pembangunan infrastruktur dan bakti kesehatan di rumah sakit Mataram untuk fasilitas chamber. Kemudian Gili Trawangan yang dijadikan lokasi transplantasi trumbu karang, serta pelabuhan lembar yang akan dijadikan lokasi flet infection.

“fungsi dasar angkatan laut pertahanan militer juga untuk operasi non militer.  Ini salah satu wujud dari non militer dengan kegiatannya pembangunan infrastruktur yang ada di Lombok Utara dan Lombok Barat,” ujar Ary.

Acara ini berlangsung dari tanggal 5-7 maret yang merupakan kelanjutan dari kegiatan Initial Planning (IPC) pada juli 2017 di Surabaya, dan Middle Planning Conference (MPC) pada Nopember 2017 di Jakarta. (SN-05)

Comments
Loading...