Remaja di Desa Ini Berinisiatif Perangi Narkoba

Suaranusa.com, Sumbawa–Banyak cara yang dapat dilakukan para remaja untuk  memerangi penyalahgunaan narkoba. Seperti yang dilakukan para remaja dan pemuda di Desa Nijang, Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa.

Mereka yang tergabung di dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Desa Nijang yang terdiri dari Yudhi, Putra, Amel,Tuti, Ninik, Anggi, Fitri, dan Anggi ini berkeliling kampung.

Mereka didampingi Bhabinkamtibmas Desa Nijang, Brigadir Arya Wirawanyah dan perwakilan kaum perempuan, Mastari, memasang stiker di setiap rumah warga. Mereka juga memasang spanduk bahaya narkoba di tempat umum di wilayah Desa Nijang.

PIK-R Desa Nijang juga bekerjasama dengan BNK, Polres Sumbawa serta pihak Puskesmas Unter Iwes.

Pembina PIK-R Desa Nijang, Yudi Arisandi, menyatakan bahwa pihaknya ingin menjadikan Desa Nijang menjadi Desa percontohan sebagai bebas narkoba.

Dia menambahkan bahwa upaya Ini dilatari oleh kekhawatiran akan hancurnya genarasi penerus karena penyalahgunaan narkoba khususnya di Desa Nijang.

“Kegiatan ini diharapkkan menjadi langkah awal mewujudkan Desa Nijang sebaga Desa bebas narkoba. Bahkan setelah program ini berjalan lancar, PIK-R Desa Nijang rencana menggelar tes urine dengan tema 1000 urine bebas narkoba,” papar Yudi.

Diharapkan tambahnya, melalui kegiatan ini masyarakat terutama para remaja bisa mengetahui bahaya dan dampak dari penggunaan narkoba, maka seluruh masyarakat khususnya di Desa Nijang terhindar dari narkoba.

Dia menegaskan bahwa target jangka panjangnya akan melahirkan generasi bangsa yang sehat, tangguh dan pintar. Sehat secara fisik, tangguh dalam melawan narkoba.

“Selain itu juga pintar dalam bidang pendidikan, agama bahkan dalam semua aspek yang positif,” tandasnya. (SN-02)

Comments
Loading...