Bulan Maret, Harga Cabe di NTB Makin Pedas

Suaranusa.com, Mataram– Cabe, Komoditas pasar yang satu ini memang digemari masyarakat di NTB yang doyan makan yang pedas-pedas alias cabai. Ternyata harga cabe di Nusa Tenggara Barat (NTB), pada bulan Februari hingga Maret makin pedas saja.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan NTB, Ruslan, pada Selasa (13/03/2018) menerangkan bahwa tanda-tanda kenaikan harga mulai terasa pada minggu pertama Februari.

Pada minggu pertama Februari diketahui bahwa harga cabai mencapai Rp. 43.000 per kilogram, minggu kedua Rp. 60.000 per kilogram, minggu ketiga Rp.70.000 per kilogram  dan minggu ke empat Rp. 71.000 per kilogram.

Pada Maret lanjut Ruslan, harga cabe semakin naik. Pada minggu pertama bulan mencapai Rp. 73.000 per kilogram dan minggu kedua seharga Rp 76.000 per kilogram.

Ruslan mengatakan bahwa kenaikan harga cabe tersebut dipengaruhi oleh faktor perubahan cuaca yang terjadi sejak awal tahun.

“Kenaikan harga cabai ini bukan faktor kelangkaan atau permainan mafia, namun karena faktor cuaca yang tidak mendukung hingga membuat harga cabe ini naik seperti ini,” aku Ruslan.

Ruslan menambahkan bahwa ada juga salah satu pasar di Kota Mataram yang pedagangnya rata rata menjual cabe dengan harga yang tinggi yaitu mencapai Rp 80.000 per kilogram.

Menyikapi hal tersebut, Ruslan menyebutkan bahwa pemerintah akan melakukan pendistribusian cabai antar pulau. Mengingat NTB menjadi salah satu destinasi wisata dunia. ditambah lagi banyaknya restoran yang membutuhkan cabe sebagai bumbu masakan. sehingga NTB butuh banyak cabe. (SN-05)

Comments
Loading...