Jelang Kunjungan Menteri Rudiantara, Warga Dua Desa di Sumbawa Diajari Internet

Jelang Kunjungan Menteri Rudiantara, Warga Dua Desa di Sumbawa Diajari Internet

Suaranusa.com, Sumbawa Besar— Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik kabupaten Sumbawa Besar melaksanakan Pelatihan Internet Sehat bagi warga masyarakat yang ada di dua Desa, yaitu Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes dan Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara

Pelatihan yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Uma Beringin, Kecamatan Unter Iwes, Kamis (15/03/2018) tersebut diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 10 orang dari unsur KIM dan 10 orang dari unsur PKK kedua Desa dan 20 orang siswa siswi SMK se Kecamatan Unter Iwes.

Kadis Kominfotik Kabupaten Sumbawa, Ibrahim, usai membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkaitan dengan teknologi.

“Cara untuk mencerdaskan masyarakan masyarakat adalah dengan pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi. Yang mana, ini juga menjadi bagian tugas kominfotik,” kata Ibrahim.

Dia mengutarakan bahwa Desa Uma Beringin, adalah salah satu Desa yang ditunjuk dan telah ditetapkan menjadi Desa Model DBIP (Desa Benderang Informasi Publik Tingkat Provinsi NTB), dan beberapa waktu yang lalu telah meraih prestasi tingkat nasional sebagai juara pertama pada festival DBIP yang digelar di Mataram.

“Oleh karenanya tidak salah jika Desa Uma Beringin hari ini dipercaya sebagai tempat pelaksanaan pelatihan ini,” terangnya.

Ditambahkannya bahwa Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa terus berupaya untuk mendorong Desa untuk merealisasikan Undang-Undang Nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Adapun upaya-upaya yang telah dilaksanakan diantaranya, penunjukan dan penetapan Desa Model DBIP pada setiap Kecamatan. Membentuk dan mendorong penguatan PPID di Desa membentuk dan mendorong penguatan KIM. Teraktual, pihaknya sedang mengembangkan Internet Desa.

“Tentu salah satunya apa yang kita laksanakan pada hari ini yaitu pelatihan Internet Sehat adalah untuk mewujudkan keterbukaan tersebut,” tutupnya.

Untuk diketahui, Pelatihan Internet Sehat tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan, dalam rangka kunjungan Menteri Komunikasi RI, Rudiantara ke Kabupaten Sumbawa pada Sabtu 17 Maret 2018 mendatang (SN-02)

 

 

 

Comments
Loading...