Ratusan Pelajar SMP se-Kabupaten Sumbawa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka

Suaranusa.com, Sumbawa—Ratusan pelajar putra dan putri yang masih duduk di kelas 3 bangku SMP atau sederajat se Kabupaten Sumbawa, Kamis (15/03/2018), mengikuti seleksi menjadi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten.

Seleksi tersebut dipusatkan di SMPN 4 Sumbawa, dengan materi seleksi yakni peraturan baris berbaris (PBB) dan kesesuaian person dengan kelompok. Tahapan seleksi kali ini merupakan yang ketiga setelah para peserta melalui tahapan pengecekan fisik, tinggi badan dan berat badan.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Sumbawa, Shalahuddin MA atau yang akrap disapa Kak Bho, ditemui di lokasi kegiatan, mengutarakan bahwa proses awal seleksi tersebut diawali dari tingkat sekolah masing-masing. Lalu para perwakilan sekolah mengikuti tahapan seleksi di tingkat Kabupaten.

Di tingkat Kabupaten tegasnya, PPI Kabupaten Sumbawa menyeleksi dan pembina menjadi calon Paskibraka. Ketika para peserta tersebut dinyatakan lolos seleksi dan menginjak bangku kelas XI SMA maka barulah mereka dikukuhkan sebagai Paskibraka.

“Kita seleksi dan pembinaan untuk calon paskibraka. Setelah mereka SMA baru mereka dimantapkan menjadi Paskib,” terang Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Sumbawa.

Proses seleksi tersebut PPI Kabupaten Sumbawa juga melibatkan tim seleksi yang berasal dari unsur TNI/Polri. Unsur TNI/Polri tersebut sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari proses seleksi peserta didik (Paskibraka).

“Tim seleksi berasal dari unsur TNI dan Polri. Jadi berapa jumlah yang dinyatakan lolos tergantung hasil penilaian dari tim seleksi. Kebutuhan di lapangan hanya 52 orang sesuai kebutuhan formasi untuk pengibaran dan penurunan bendera pada 17  Agustus 2018 mendatang,” ujarnya.

Menurut Kak Bho , sapaan akrap Ketua PPI Kabupaten Sumbawa, mengakui bahwa antusiasme pihak sekolah yang memang banyak. Hanya saja disayangkan tidak ada perwakilan sekolah dari Sumbawa bagian barat. Itupun tanpa adanya alasan yang jelas padahal PPI Kabupaten Sumbawa sudah menyurati semua SMP sederajat untuk mengirimkan perwakilannya.

Pembinaan peserta didik di Paskibraka yang dilakukan oleh PPI Kabupaten Sumbawa sejuah ini sangat terasa di kalangan generasi muda khususnya dan nama Provinsi Nusa Tenggara Barat umumnya. Pasalnya, Kabupaten Sumbawa kerap menjadi wakil Provinsi NTB di kancah Paskibraka Nasional yang menjadi petugas pengibaran dan penuruan bendera merah putih di Istana Negara, Jakarta, pada setiap 17 Agustus.

Adapun nama- nama peserta Paskibraka Nasional asal Sumbaawa yaitu:

Pada tahun 2016 atas nama Biyan Kamaruzzaman. Di Tahun 2013 atas nama Yori Sironji. Di Tahun 2012 diwakili oleh Syafira Kwartilia. Tahun 2006 diwakili oleh Febrianti Jayanti tahun 2005 diwakili Yeni Febriani, tahun 2004 oleh Khalidah, tahun 2003 diwakili Aldila Rahmawati dan tahun 2002 oleh Srianti. (SN-02)

 

Comments
Loading...