Pemerintah Akan Siapkan Satelit Untuk Jamah Daerah Pinggiran

Pemerintah Akan Siapkan Satelit Untuk Jamah Daerah Pinggiran

Suaranusa.com, Sumbawa Besar–Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) merencanakan akan membuat satelit telekomunikasi untuk menjangkau daerah pinggiran di Negara ini.

Satelit tersebut diproyeksikan akan selesai dibuat dan mengorbit kepulauan Indonesia pada 2022 mendatang.

“Pemerintah rencananya akan punya satelit sendiri untuk menjamah daerah pinggiran. Di akhir 2022 kita akan punya satelit sendiri,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara, ketika meresmikan akses internet bagi masyarakat Desa di Desa Uma Beringin, Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa, NTB, Sabtu (17/03/2018).

Satelit komunikasi tersebut terang Menkominfo, akan mengcover koneksi internet bagi sekitar 80.000 sekolahi, puskesmas-puskesmas, dan fasilitas pelayanan publik lainnya yang belum terhubung internet.

“Maka sekolah-sekolah akan belajar melalui internet. Harapannya siswa kita nantinya akan mampu bersaing dengan negara lain. SDM masa depan Indonesia harus mempunyai jiwa kompetitif dan semangat untuk bersaing,” tandasnya.

Saat ini kata Menkominfo, negara membiayai pelayanan internet bagi masyarakat hingga triliunan rupiah. Upaya tersebut dilakukan agar terjadi percepatan akses internet dan sinyal kepada masyarakat karena menjadi hak semua warga negara Indonesia. (SN-02)

Comments
Loading...