Pemkab Pekalongan Minat Kerjasama Dengan Pemkab Sumbawa

Suarausa.com, Sumbawa Besar—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan, memberi perhatian khusus untuk bekerjasama dengan Pemkab Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Kehadiran Bupati Pekalongan–Jawa Tengah, Asip Kholbihi, di Sumbawa Besar,  di Sumbawa Besar, Kamis (22/03/2018) malam, membuktikan keseriusan tersebut.

Dia mengatakan siap menjalani kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk memberdayakan potensi unggulan di kedua daerah tersebut. Hal itu disampaikannya kepada Pemkab Sumbawa dalam penerimaan kunjungan kerja (kunker) di Kantor Bupati Sumbawa.

“Kabupaten Pekalongan memiliki produk unggulan industri batik dan sarung yang sudah dikenal secara nasional bahkan sampai manca negara. Industri batik dan tenun tersebut memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan daerah Pekalongan,” terang dia.

Menurutnya, industri batik sendiri melibatkan sekitar 23 ribu UMKM yang dikelola oleh masyarakat. Industri batik Pekalongan terdiri dari batik sablon, batik cap, dan batik tulis yang sudah berkembang secara turun temurun sejak abad ke-16.

Bupati Sumbawa, Husni Djibril, menyambut gembira kunker Bupati Pekalongan bersama rombongan dan juga mengatakan siap menjalin kerja sama dalam rangka memajukan kedua daerah.

“Masyarakat Kabupaten Sumbawa sangat terbuka kepada semua orang tanpa memandang agama, suku atau etnis. Bahkan masyarakat Sumbawa sangat senang menerima tamu. Hal itu tercermin dalam filosofi rumah masyarakat Sumbawa yang selalu menyiapkan ruang tamu dan tempat tidur untuk tamu,” kata Bupati Sumbawa.

Dia juga menyampaikan bahwa potensi alam Sumbawa menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu program prioritas, di samping sektor-sektor lainnya. Kabupaten Sumbawa juga mengembangkan program inovasi yang memadukan industri jagung dan ternak, dalam program Gerakan Masyarakat Jagung Integrasi Sapi (Gema Jipi). (SN-02)

Comments
Loading...