Kekuatan Zakat, Perkuat Ekonomi Ummat

Suaranusa.com, Sumbawa Besar–Program Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa, mulai menampakan hasil.

Sabtu (24/03/2018), salah seorang warga setempat, Endang Susilawati, yang menjasi  Penerima Manfaat (PM) dari program ini sejak September tahun lalu kini merasakan keberadaan program Desa Berdaya tersebut.

Dia mengakui bahwa sebelum menjadi member Rumah Zakat dirinya hanya berjualan pisang goreng keliling kampung dan honorer di salah satu Sekolah Dasar.

Suaminya tidak punya pekerjaan tetap. Tapi kini, selain jualan pisang goreng, dirinya sudah berhasil membuka lapak di jalan by pass Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes. Semua ini berkat bantuan awal dari Rumah Zakat.

“Atas nama keluarga, saya menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat atas bantuan dan suportnya. Ada hal yang sangat berbeda yang saya rasakan dari bantuan Rumah Zakat ini. Yaitu, dana yang kami terima sama sekali tidak ada pengembalian,” akunya.

Endang juga mendapat pendampingan dan pembinaan secara langsung serta selalu mendapatkan motivasi untuk terus berproses menjadi lebih baik dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

Fasilitator Desa Berdaya, Repi S, yang juga adalah Relawan Inspirasi Rumah Zakat menyampaikan, ada 4 (empat) PM yang menjadi prioritas penumbuhan dan pengembangan tahun ini, salah satunya Endang. Dari 4 PM yang ada, masing-masing mempunyai produk unggulan atau usaha yang berbeda.

Tentu kata Repi bahwa pihaknya berharap, semua usaha dari PM dapat tumbuh dan berkembang. Sehingga misi dari gerakan ini yaitu menghasilkan keluarga yang mandiri secara ekonomi dapat tercapai.

“Lebih jauh tentu kita mengharapkan, para mustahik hari ini berubah menjadi muzakki 3 tahun yang akan datang,” tambah Repi.

Dalam upaya menumbuhkan usaha ke-empat PM prioritas tahun ini, mereka akan mendapatkan tambahan modal secara berkala (pertiga bulan).

Khusus bulan ini, yang mendapat tambahan modal sebanya 2 PM, salah satunya adalah Endang yang diserahkan pada hari ini Sabtu (24/03/2018.

Dengan adanya penambahan modal papar Repi, maka setiap PM dapat menambah skala usahanya dari waktu ke waktu. Selain itu, pihaknya juga akan fasilitasi agar terkoneksi dengan para pelaku usaha, baik swasta maupun lembaga-lembaga pemerintah atau Dinas-Dinas terkait.

Repi, menambahkan bahwa selain penumbuhan dan penguatan usaha 4 PM prioritas, tahun ini pihaknya juga akan mencari calon PM atau member baru sehingga semakin banyak yang dapat merasakan manfaat dari Program Desa Berdaya.(SN-02)

Comments
Loading...