Desa Jorok Kini Miliki Rumah Baca

Desa Jorok Kini Miliki Rumah Baca

Suaranusa.com, Sumbawa Besar–Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa, NTB, kini memiliki rumah baca. Rumah baca tersebut merupakan bagian dari progam Desa Berdaya Rumah Zakat.

Ada 3 (tiga) kegiatan utama dari Rumah Baca yaitu, kelas inspirasi, pembelajaran dan tahfizh al-qur’an, serta membentuk anak yang gemar membaca.

Fasilitator Program Desa Berdaya, Repi S menjelaskan bahwa dalam menjalankan Program Desa Berdaya, Rumah Zakat bergerak dalam 4 (empat) rumpun senyum, yaitu senyum mandiri (ekonomi), senyum juara (pendidikan), senyum sehat (kesehatan) dan senyum lestari (lingkungan).

Repi, sapaan akrab dari pemuda pemberdaya ini melanjutkan, mulai bulan Maret 2018, Rumah Zakat menginisiasi hadirnya Rumah Baca di Desa Jorok sebagai implementasi dari rumpun senyum juara.

“Kita berharap, dengan hadirnya Rumah Baca ini, dapat menjadi salah satu alternatif dalam pengembangan potensi dan bakat anak-anak, sehingga anak-anak yang akan menjadi pewaris bangsa ini dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya dan memiliki karakter yang kuat sebagai pembaharu,” ungkapnya.

Syamsul Bahri, salah satu tokoh pendidikan di Desa Jorok sangat mengapresiasi hadirnya Rumah Baca di Desa ini.

“Saya meyakini satu hal, salah satu yang berpengaruh terhadap tumbuh-kembang anak adalah lingkungan. Maka dengan kehadiran Rumah Baca, sama artinya kita sedang menyiapkan lingkungan yang baik buat anak-anak,” sebut guru Bahasa Jepang di salah satu SMA Negeri di Sumbawa Besar tersebut.

Dia pun mengajak kepada semua pihak untuk mendukung keberadaan Rumah Baca ini. (SN-02)

Comments
Loading...