Imigrasi Mataram Merekahkan Senyuman Para Difabel dan Penyandang Disabilitas

Suaranusa.com, Mataram- Beberapa waktu lalu, kantor Imigrasi Kelas 1 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) meresmikan sebuah pelayanan baru dan ruangan khusus bagi para pemohon Lanjut Usia (lansia), Difable dan juga para penyandang disabilitas.

Peresmian tempat pelayanan dan ruang khusus yang dinilai ramah HAM tersebut ditandai langsung dengan pemotongan pita oleh Dirjen Imigrasi, Irjen (pol) Ronny .F. Shompie.

Di ruangan tersebut, pihak Imigrasi menyediakan berbagai jenis peralatan untuk memudahkan pelayanan. Seperti kursi Roda, Tongkat dan juga toilet khusus. Sehingga, mereka yang tidak normal seperti manusia lainnya juga bisa merasakan secara baik pelayanan pemerintah ini.

“Pelayanan paspor ramah HAM ini merupakan yang pertama, saya berharap ke depannya seluruh kantor Imigrasi se- Indonesia memberikan pelayanan yang sama seperti ini,” ujar Ronny beberapa waktu lalu.

Saat ini, Imigrasi Mataram terus berusaha mengenalkan sistem pelayanan baru bagi mereka yang memiliki keterbatasn fisik dan mental itu dengan cara mengunjungi setiap lokasi penampungan seperti SLB dan juga yayasan terkait.

Salah satunya adalah Yayasan Tuna Netra Al-Mahsyar di Selaga Alas, Mataram. Di tempat itu, Imigrasi menggelar sosialisasi tentang pelayanan Ramah ini sekaligus memberikan bantuan kepada yayasan yang memiliki puluhan pasien itu.

“Ini sebagai bentuk praktik dari kantor Imigrasi untuk menjelaskan kepada semua orang bahwa Imigrasi tidak membedakan mereka yang sempurna dan tidak sempurna. Justru kami menekankan pelayanan yang lebih baik dan lebih sempurna kepada mereka yang tidak sempurna ini,” ujar Dudi Iskandar, kepala kantor Imigrasi kelas 1 Mataram, Selasa (27/3/2018). (SN-01)

 

 

Comments
Loading...