RSUP NTB Miliki Alkes Canggih Untuk Penderita Kanker

RSUP NTB Miliki Alkes Canggih Untuk Penderita Kanker

Suaranusa.com, Mataram–Sebagai Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam menghadirkan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Seperti menyediakan alat kesehatan (Alkes) canggih. Alkes canggih tersebut berupa Radioterapi.

Direktur RSUP NTB dr. Lalu Hamzi Fikri, mengatakan  hadirnya alat Radioterapi di RSUP NTB akan mampu memberikan pelayanan kesehatan terutama pada penderita penyakit kanker yang angkanya terus meningkat.

Ia mengatakan bahwa angka kunjungan pasien kanker pada tahun 2015 di NTB sebesar 28.643 jiwa, dengan angka kunjungan 120 pasien kanker/hari.

“Saat ini RSUP NTB merupakan satu dari 17 Rumah Sakit di Indonesia yang memiliki alat Radioterapi,” sebut Lalu Hamzi.

Dia berharap bulan Agustus mendatang alat canggih tersebut sudah dapat beroperasi, karena saat ini pihak RSUP NTB sedang menyiapkan kelengkapan administrasi penunjang untuk pengoperasian alat tersebut.

Ke depan kata Hamzi, dengan hadirnya fasilitas Radioterapi di NTB, kami dapat lebih fokus untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap timbulnya penyakit kanker melalui scaning, sehingga sekecil apapun gejala dini dari kanker dapat terdeteksi dengan alat tersebut.

“Karena selama ini dengan motode deteksi yang ada secara manual dianggap kurang efektif untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker,” pungkasnya. (SN-05)

Comments
Loading...