E-Lapkor, Aplikasi Khusus Pemantau Bule Nakal di NTB

E-Lapkor, Aplikasi Khusus Pemantau Bule Nakal di NTB

Suaranusa.com, Mataram–Kantor Imigrasi Kelas 1 Mataram menyiapkan program E-Lapkor untuk melakukan pengawasan terhadap keberadaan orang asing yang datang ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Aplikasi ini nantinya bisa didownload menggunakan smartphone android, sehingga para anggota yang masuk dalam Tim Pengawasan Orang Asing  (Timpora) bisa mengirim informasi dengan mudah mengenai keberadaan bule yang bermasalah dengan keimigrasian..

Selain aplikasi ini digunakan oleh Timpora, aplikasi ini juga bebas digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. yang mana, nantinya masayarakat bisa berkontribusi kepada negara untuk meberikan memberikan informasi keberadaan orang asing,

“Aplikasi E-Lapkor memudahkan masyarakat untuk mengirim informasi terhadap keberadaan orang asing. Apa yang dilakukan dan lokasinya juga bisa terdeteksi secara langsung,” ujar Kepala Kantor Imigrasi kelas 1 Mataram, Dudi Iskandar (29/03/2018).

Keberadaan Aplikasi E-Lapkor ini lanjutnya merupakan yang pertama  di NTB. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan switch button yang nantinya jika ada kejadian yang ingin ditindak lanjuti masyarakat tinggal memencet tombol switch button tersebut sehingga laporan masuk ke pihak Imigrasi.

“Sistem E-lapkor ini akan diopeasikan mulai bulan April mendatang dan para pemilik penginapan dan kos-kosan bisa mendownloadnya agar bisa memberikan informasi mengenai keberadaan orang asing,” tutup Dudi Iskandar. (SN-05)

Comments
Loading...