Tidak Kalah Dengan Produk Modern, Tembolak Asal Desa Ini Laris Manis di Pasaran

Tidak Kalah Dengan Produk Modern, Tembolak Asal Desa Ini Laris Manis di Pasaran

Suaranusa.com, Lombok Timur–Kerajinan Tembolak (tudung saji) sampai saat ini masih digeluti oleh masyarakat, Desa Presak, Terentem, dan Pernang, Kecamatan Sakra, Lombok Timur, di tengah perkembangan zaman yang serba instan dan moderen ini.

Pembuatan Tembolak ini memakan waktu yang cukup lama untuk bisa siap dipasarkan. Biasanya para pengrajin membuatnya sampai 20 biji perminggu tergantung rutin atau tidaknya mereka bekerja.

Para pengerajin tembolak ini bisanya menjual ke pengepul seharga Rp 175.000 per kodi atau per 20 biji untuk yang berukuran besar.  Ukuran kecilnya dibanderol seharga Rp 150.000 per 20 biji. Biasanya menjual di pasar seharga Rp.10.000- Rp.15.000 per bijinya.

Sumarni, salah seorang pengerajin tembolak ini mengatakan bahwa pekerjaan ini tidak pernah tergeser walaupun di tengah perkembangn zaman yang semakin canggih yang biasanya orang- orang memakai tutup saji yang berasal dari plastik.

“Kerajinan ini tetap laku di pasaran walaupun banyak yang menggunakan  tutup saji berbahan plastik. Kalau tidak laku di pasaran gak mungkin sih bayak orang yang membuatnya,” ujar Sumarni ketika ditemui pada Minggu (08/04/2018).

Sumarni menambahkan bahwa kerajinan tembolak ini biasanya juga dikirim ke luar daerah. Kerajinan ini juga termasuk usaha yang tergolong santai atau sebagai pekerjaan sampingan,

“Saya membuat tembolak ini sambil berdagang,” tambah Sumarni.(SN-05)

Comments
Loading...