Dr. Zul: Smelter Harus Dibangun di NTB, Itu harga Mati!!

Suaranusa.com, Mataram- Calon Gubernur NTB nomor urut 3, Zulkieflimansyah (Dr. Zul) optimis akan membangun tempat pengolahan konsentrat atau Smelter di pulau Sumbawa yaitu di kabupaten Sumbawa Barat (KSB)

Sebab menurut Zul, pembangunan Smelter itu merupakan amanat konstitusi dan juga menjadi acuan perekonomian NTB saat ini dan masa depan.

“Smelter harus dibangun di NTB yaitu paling pas lokasinya di KSB. Itu harga mati. Kalau ada Smelter maka NTB berpotensi bikin  pabrik pupuk. Karena ada kaitan antara Smelter dan pabril pupuk,” ujar Dr. Zul, Minggu (15/4/2018).

Zul mengatakan, dengan dibangunnya smelter ini maka NTB akan menjadi provinsi yang strategis karena bisa membuka banyak lapangan kerja. Selain itu, kata dia, jika ada smelter maka KSB akan menjadi pusat industri.

Ia memaparkan ada beberapa manfaat dengan dibangunnya smelter di KSB, diantaranya adalah Industri ekstrat seperti PT AMNT akan menggunakan smelter tersebut dan dipastikan akan memperluas operasinya hingga ke Elang dan Dodo Rinti untuk mengejar skala bahan baku untuk smelter.

Tak hanya AMNT, namun akan banyak tambang produksi lainnya yang akan mengolah bahan bakunya di KSB, bahkan tambang Tembaga terbesar di Indonesia PT Preefort, juga dipastikan akan mengirimkan bahan baku konsentrat untuk diolah di smelter itu.

“Ketimbang Freeport bikin smelter sendiri, pasti Smelter di KSB itu yang akan digunakan. Otomatis, di sumbawa akan banyak datang orang dan akan membuat tempat itu maju,” kata Zul.

Melihat banyaknya manfaat untuk warga dan provinsi, ia berjanji jika menang dan terpilih sebagai Gubernur, maka Smelter siap dibangun di KSB.

“Smelter ini penting dan pasti kami akan buat yang insya Allah NTB akan maju, dan banyak lapangan pkerjaan dengan adanya smelter ini,” kata Doktor pemilik Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) ini.

 

 

 

 

 

 

 

Comments
Loading...