Obyek Wisata Gunung Pengsong Dianaktirikan

Obyek Wisata Gunung Pengsong Dianaktirikan
Suaranusa.com, Mataram–Salah satu objek wisata yang tidak jauh dari Kota Mataram, yakni Gunung Pengsong, merupakan salah satu tempat yang menghadirkan kesan alam seperti berada di tengah hutan. Tempat ini juga dipenuhi dengan ratusan ekor monyet yang mendiaminya. Obyek wisata ini terletak di Desa Kuranji, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Nusa Tenggara Barat.
Obyek wisata ini dibangun pada tahun 1514 masehi. Digunakan oleh umat Hindu sebagai tempat beribadah di hari-hari biasa ataupun besar dan di buka untuk umum hingga saat ini, namun seiring waktu tempat ini sudah mulai jarang dikunjungi oleh wisatawan.
Dalam beberapa tahun terakhir tempat ini dikunjungi kurang dari 5000 orang wisatawan. Jika kita kembali melihat puluhan tahun sebelumnya, tempat ini masih eksis dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.
Salah satu penyebabnya adalah, tidak adanya petunjuk jalan yang menuju ke tempat ini, di samping itu juga fasilitas yang ada terbilang tidak lengkap, karena di tempat ini hanya menyediakan Berugak (gazebo) dan kamar mandi saja.
“Tempat ini dikunjungi hanya pada hari-hari libur besar saja seperti Galungan dan ketika kapal yang membawa turis asing nyandar ke pelabuhan. Dinas pariwisata juga sering melakukan kunjungan ke tempat ini tapi perhatian pemerintah terhadap tempat ini masih kurang,” papar salah seorang pengelola, Jero Mangku Budi.
Menurutnya, bahwa setidaknya Dinas Pariwisata setempat sudah membangun kamar mandi di tempat ini. Di sisi lain tempat ini juga masih membutuhkan pembenahan dan penambahan fasilitas kebersihan agar tempat ini eksis kembali.
Jero Mangku Budi menambahkan bahwa tempat ini tidak mempunyai petugas kebersihan yang tetap. Kebersihan masih dilakukan oleh para sukarelawan saja. Untuk membangun kembali tempat wisata ini, komunikasi dengan Dinas Pariwisata sangatlah dibutuhkan.
Tempat ini juga sebenarnya bisa digunakan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika tempat ini difasilitasi.
Menurutnya, perlunya pembenahan tempat wisata ini sangat butuhkan oleh warga sekitar untuk meningkatkan PAD dan meramaikan kembali wisatawan.
Daerah wisata ini juga sering digunakan sebagai tempat penelitian dan pembelajaran oleh para mahasiswa. (SN-06)

 

 

Comments
Loading...