Puluhan Kapal Perang dan Nelayan Berjaga di Pelabuhan Lembar

Puluhan Kapal Perang dan Nelayan Berjaga di Pelabuhan Lembar

Suaranusa.com, Lembar–Puluhan kapal perang  (KRI)serta prajurit TNI angkatan Laut (AL) sudah dipersiapkan di perairan  Pelabuhan Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak beberapa hari yang lalu.

Keberadaan KRI tersebut dalam rangka penyambutan tamu dari 37 Negara yang dipastikan hadir dalam acara Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK).

Selain kapal perang dan prajurit TNI AL, para nelayan ikan yang berasal dari Pantai Cemara, Kecamatan Lembar, juga akan ikut serta dalam acara bersekala Internasional ini untuk menyambut tamu dari 37 negara yang akan berkumpul pada Jum’at (05/05/2018) di Pelabuhan Lembar.

Salah seorang nelayan setempat, Sahdan, mengatakan bahwa pihaknya sebagai nelayan ikan di daerah ini sangat senang bisa diikutsertakan dalam acara besar ini.

“TNI AL sangat perduli terhadap kami, di sini kami diminta langsung untuk menyambut tamu di dekat pelabuhan dan dari cemara. Kami bangga acara ini dapat diselenggarakan di daerah kami yang kecil ini, sebelum kami menyambut tamu yang akan datang nanti, kami sudah dilatih dan diberi yel-yel oleh TNI AL,” ungkap Sahdan.

Para nelayan juga mempersiapkan 50 perahu dengan hiasan yang menarik serta 100 orang nelayan dalam acara MNEK yang ketiga ini.

Selain memasang hiasan pada perahu mereka, para nelayan ini juga akan menggunakan baju adat Sasak dan berbaris rapi di atas perahu mereka. Setiap perahu akan diisi oleh dua orang nelayan dan didamping oleh TNI AL selaku penyelenggara.

Ratusan nelayan ini juga sudah dilatih sejak beberapa hari yang lalu oleh TNI AL. Mereka akan melambaikan tangan dan mengucapkan yel-yel Komodo ketika para tamu undangan akan melewati perahu mereka.

Penyambutan ini akan dimulai pada pukul 08:00 sampai dengan 11:00 di sekitar perairan Lembar, tepatnya di depan Gili Emas dan di depan Pantai Cemara. (Sn-05)

Comments
Loading...