Jabatan Kosong di Pemda Sumbawa Terisi Dalam Mutasi, Ini Harapan Bupati Sumbawa

Suaranusa.com, Sumbawa Besar—Sebanyak 48 pejabat struktural di lingkup Pemkab Sumbawa dimutasi, Senin (28/05/2018). Sebagian diantaranya mengisi jabatan kosong yang ditinggal pensiun oleh pejabat sebelumnya. Diantaranya, jabatan Kepala Dinas Perhubungan, Kepala BKPP Sumbawa dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa.

Jabatan Kepala Dinas Perhubungan yang lowong karena ditinggal pensiun oleh Mukmin, kini dijabat A. Yani, yang pada jabatan sebelumnya sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan.

Jabatan Kepala BKPP Sumbawa dijabat oleh A. Rahim, yang pada jabatan sebelumnya menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa. Lalu, Varian Bintoro, pada jabatan sebelumnya sebagai Camat Sumbawa, menjadi Kabag Pemerintahan Setda Sumbawa. Yang paling mengejutkan yakni jabatan Direktur RSUD Sumbawa dijabat oleh dr. Dede Hasan Basri setelah Direktur sebelumnya, dr. Selvi mengundurkan diri.

Adapula  pejabat yang mendapatkan promosi jabatan. Misalnya, Burhan, sebagai Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa yang pada jabatan sebelumnya sebagai menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Bupati Sumbawa, Husni Jibril, usai melantik para pejabat tersebut, mengingatkan bahwa agar para ASN bekerja dengan inisiatif sendiri. Jangan sampai bekerja seperti pahat dan bola.

Menurutnya bahwa mutasi ini ditunggu banyak pihak khususnya ASN karena banyak jabatan pejabat struktural yang lowong  ditinggal pensiun ejabat sebelumnya. Namun, tidak serta merta dilakukan karena membutuhkan pertimbangan misalnya dalam hal pengembangan kinerja Pemkab Sumbawa.

Disebutkan bahwa pengambilan keputusan bagi 48 orang pejabat tersebut sangat berat. Agar menempatkan posisi yang tepat dengan orang yang benar.

“Ini betul-betul untuk mengisi beberapa posisi jabatan yang tersedia, karena banyak Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas yang pensiun. Insya Allah, mudah-mudahan ini yang terbaik,” kata Husni Jibril.

Karena itu ucapnya, pejabat yang dilantik ini adalah ASN terpilih. Mereka memiliki kompetensi untuk mengemban tugas yang diberikan dengan amanah guna mewujudkan visi misi Pemda Sumbawa.

Bupati berharap agar para ASN yang baru dilantik tersebut mampu bekerja maksimal untuk pembangunan ke depan. Sehingga pelayanan masyarakat menjadi lebih berkualitas dari sebelumnya.

“Perlu dipahami bersama, bahwa mutasi ini semata-matanya untuk meningkatkan profesionalitas kinerja birokrasi. Sekaligus untuk mengabdikan diri bagi daerah yang tercinta. Saya meminta kepada para ASN untuk selalu meningkatkan profesionalitas dan disiplin kerja. Setiap kendala yang dihadapi, harus dicarikan solusi secara bijak. Jangan sampai saling menyalahkan, apalagi saling menjelekan,” tandas Husni Jibril.

Bahkan dia mengaku membuka diri untuk kritik yang konstruktif. Apapun kesulitan para ASN, harus disampaikan. Hindari perasaan sungkan atau tidak enak untuk berkonsultasi dengan Bupati. (SN-03)

 

Comments
Loading...