Hendak Amankan Kayu Dugaan Ilegal Logging, Aparat Dilawan Warga

Suaranusa.com, Sumbawa Besar—Aparat gabungan KPHP Batulanteh dan anggota Kodim 1607 Sumbawa yang hendak mengamankan sebanyak 104 batang  kayu balok jenis sonokeling, mendapat perlawanan dari warga di Desa Pulau Kaung, Kecamatan Buer, Sumbawa, Kamis (07/06/2018).

Hal tersebut berawal dari adanya informasi yang diterima KPHP Batulanteh bahwa kayu tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Seteluk, KSB yang telah dimuat di dalam kapal. Di lokasi, tim sempat menghubungi pemilik kayu tersebut, namun tidak di gubris. Akhirnya tim mengambil langkah selanjutnya dengan mengamankan sebahagian kayu tersebut ke daratan.

Rencana mengamankan kayu tersebut mendapat perlawanan dari warga setempat. Sempat terjadi debat antara warga dengan aparat. Aparat KPHP dengan tegas enggan menggubris warga karena merasa sudah sesuai dengan prosedur. Bahkan kayu jenis Sonokeling adalah kayu yang dilindungi.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf. Samsul Huda, mengkonfirmasi ketelibatan pihaknya dalam mengamankan kayu tersebut. Pihaknya pun masih menunggu hasil pengembangan atas kayu temuan dari KPHP Batulanteh.

“Kodim tetap komit memback-up Dinas Kehutanan dalam memberantas illegal loging. Karena persoalan illegal logging berpengaruh terhadap kelestarian alam dan generasi ke depannya,” tandas Dandim 1607. (SN-03)

 

Comments
Loading...