Perusahaan Korsel Tertarik Bangun Pabrik Jagung di Sumbawa

Suaranusa.com, Sumbawa Besar–Investor Korea Selatan berminat mengolah jagung di Kabupaten Sumbwa. Hal tersebut merupakan bagian dari  kerjasama antara Pemda Sumbawa dan Korea Selatan terkait pengolahan jagung segera dilaksanakan.

Rencananya akan dilakukan Ground Breaking pabrik pengolahan jagung tersebut pada September 2018.

“Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan sejumlah kegiatan lain, seperti Sail Moyo. Sekaligus Ground Breaking beberapa program pemerintah di Sumbawa. Seperti Dermaga Teluk Santong dan Beringin Sila,” ujar Bupati Sumbawa, Husni Djibril.

Dia menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur pendukungnya, sedang dibicarakan dengan investor yang berasal dari Korea Selatan itu.

“Bila pembangunannya menguntungkan investor, maka infrastrukturnya akan dibangun oleh investor tersebut. Jika akses jalannya berstatus jalan Desa atau Kabupaten, maka akan dibangun oleh pemerintah daerah.

Bupati mengatakan, masyarakat bisa menyambut investasi, sebab dengan investasi masyarakat bisa menjadi lebih sejahtera. Masyarakat tidak hanya bisa menjual jagungnya kepada pengecer, tapi masyarakat bisa menjadi bagian dari pabrik pengolahan jagung itu.

Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk menanam gamal dan kaliandra sebagai raw material pabrik pengolahan jagung itu.

“Untuk menyambut investasi, juga akan dibangun Pelabuhan Teluk Santong. Hal ini juga sudah disanggupi oleh Menko Kemaritiman. Setelah itu, Bupati datang ke Wakil Presiden RI. Ide ini juga direspon positif dan diapresiasi. Wapres sangat mendukung dibangunnya Dermaga Teluk Santong itu,” kata Bupati. (SN-03)

Comments
Loading...