Bawaslu Telusuri Akun Kepala Dinas di Lombok Tengah Yang Diduga Mengkampanyekan Paslon Tertentu

Suaranusa.com, Mataram– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan melakukan pendalaman terhadap dugaan keterlibatan salah satu kepala dinas di lingkup pemerintahan kabupaten Lombok Tengah yang terindikasi berkampanye dan mendukung salah satu paslon melalui facebook.

“Kami sedang mendalami dan berkoordinasi dengan panwas kabupaten Lombok Tengah dengan mengumpulkan bukti menelusri akun tersebut . Apakah akun tersebut murni milik kepala dinas tersebut atau bukan,” kata Komisioner Bawaslu NTB bidang personalia, Itratif. ST. MT, di Mataram, Selasa (26/6/2018)

Akun tersebut, kata Itratif terang terangan menunjukkan dirinya mendukung salah satu pasangan calon melalui foto dan komentar yang diupload di beranda facebook dan juga grup facebook.

Sedangkan, kata dia, ASN dilarang keras memobilisasi massa, mengkampanye atau mendukung pasangan calon. Sebab, jika dilakukan, itu merupakan sebuah pelanggaran. Meskipun dukungan atau kampanye tersebut dilakukan di media sosial.

Dia mengatakan, Aturan ASN sudah jelas seperti yang diatur pada pasal 71 ayat 1, Undang Undang nomor 10 tahun 2016 tentang pejabat ASN dan diperinci dengan peraturan Kemenpan RB. Yang mana salahs atunya dalah ASN tidak boleh like foto paslon, atau komentar, atau memforward komentar-komentar dukungan ke paslon tertentu.

Karena itu, kata Itratif, terkait dugaan keterlibatan Kepala dinas tersebut, bawaslu akan terus melakukan penelusuran. Dan jika terbukti maka dilanjutkan ke proses selanjutnya.

“Jika akun itu benar, maka akan ditinjak lanjti. Karena, sesuai ketentuan yang ada di undang undang pejabat asn dilarang melakukan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan paslon tertentu dan itu ada sanksinya,” kata Itratif.

 

 

 

 

Comments
Loading...