Pelindo Bangun Terminal Gili Emas

Suaranusa.com Lobar–Tren ukuran kapal pesiar internasional yang semakin besar, dengan membawa ribuan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Pulau Lombok perlu diimbangi dengan infrastruktur yang memadai.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, PT. Pelindo III (Persero) Cabang Lembar, mengembangkan Pelabuhan Lembar yang ada di Kabupaten Lombok Barat dengan membangun Terminal Gili Mas.

Terminal Gili Mas diupayakan mampu menampung kapal cruise yang selama ini tidak dapat sandar di Pelabuhan Lembar.

Diperkirakan kapasitas lapangan containernya akan mampu menampung 200 ribu sampai 300 ribu kontainer.

“Terminal Gili Mas dibangun sebagai pengembangan Pelabuhan Lembar, dapat menandakan bahwa perekonomian wilayah NTB mengalami tren pertumbuhan positif, dan menjadi gerbang pariwisata internasional yang modern bagi Pulau Lombok khususnya,” papar CEO Pelindo III Ari Askhara saat ground breaking Terminal Gili Mas, Kamis (05/07/2018).

Adapun nilai investasi bertahap dari pengembangan terminal multifungsi untuk layanan kapal pesiar dan kapal petikemas ini mencapai Rp 1.3 triliun.

Dermaga yang akan dibangun sepanjang 440 meter dan lebar 26 meter dengan kedalaman kolam pelabuhan mencapai-14 mLWS.

Dijelaskan Ari Askhara, dimensi tersebut akan siap untuk disandari cruise dengan panjang badan kapal mencapai 400 meter, yang mampu membawa hingga 4.000 penumpang, sekaligus juga untuk dua cruise sekaligus berukuran lebih kecil.

Sedangkan terminal penumpang, Modern Gili Mas sendiri memiliki kapasitas sekitar 1.500 orang.

Berdasarkan survei perilaku wisatawan mancanegara yang dilansir oleh Bank Indonesia, rata-rata total pengeluaran mereka mencapai 125.93 dollar AS atau sekitar Rp 1.76 juta (dengan kurs Rp. 14.000/dolar AS) perhari.

Sebagai contoh, kapal pesiar Italia MV Costa Luminosa yang bersandar di Pelabuhan Lembar pada Mei lalu membawa 1.677 turis berkeliling ke seiumlah destinasi wisata di Lombok. Dari perkiraan kalkulasi rerata pengeluaran turis per hari tersebut, maka ada miliaran rupiah yang dinikmati masyarakat Lombok dari setiap cruise yang sandar. (SN-04)

Comments
Loading...