Terminal Gili Mas, Diprediksi Jadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Lombok

Suaranusa.com, Lombok Barat–Pembangunan terminal Gilimas oleh Pelindo III, semakin memperpanjang momentum kebangkitan pariwisata Lombok.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan beroperasinya KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika di Lombok Tengah.

CEO Pelindo III Ari Aksara, menyatakan harapan adanya dukungan semua pihak untuk bisa berkerjasama, mendongkrak kebangkitan wisata di Pulau Lombok.

Dia menilai bahwa besarnya potensi ekonomi tersebut mendapat dukungan dari seluruh pihak, baik pemerintah Daerah maupun investor berkolaborasi memanfaatkan momentum kebangkitan pariwisata Lombok.

Caranya kata Ari, dengan menciptakan destinasi wisata baru, maupun mengembangkan konsep paket tur wisata, agar pertumbuhan turis ke destinasi di Lombok dapat berkelanjutan.

Terkait fungsi logistik dari terminal Gili Mas, Coorporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat menjelaskan, pada tahap awal Dermaga akan terintegrasi dengan fasilitas lapangan penumpukan peti kemas seluas 6.27 hektar.

Sehingga pada pengembangan berikutnya diperkirakan mampu menampung hingga sekitar 200 ribu Teus peti kemas.

“Terminal Gili Mas akan meningkatkan posisi strategis Pelabuhan Lembar sebagai gerbang logistik utama di Pulau Lombok. Diharapkan dapat meningkatkan efisiensi sehingga dapat berimbas pada turunnya harga barang konsumsi masyarakat. Serta memperlancar distribusi komoditas yang dijual dari sini (Pulau Lombok dan sekitarnya),” jelasnya.

Di tempat berbeda, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Lombok Barat, Saeful Akhkam mengaku, sangat mengapresiasi pembangunan terminal Gili Mas di pelabuhan Lembar.

Menurutnya, pengembangan pelabuhan Lembar ini, akan menciptakan banyak manfaat positif bagi peningkatan kesejahteraan, masyarakat dan juga menjadi langkah mensukseskan Nawacita Pemerintahan Presiden Jokowi, menjadikan Indonesia sebagai poros maritim melalui tol laut.

“Kami sangat mendukung. Ini juga jadi langkah mewujudkan salah satu program prioritas Presiden Jokowi, yakni program tol laut yang bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar di Nusantara,” kata Ahkam. (SN-04)

Comments
Loading...