Jembatan Darurat Sekotong Jebol Lagi

Suaranusa.com, Lombok Barat–Jembatan darurat Sekotong Lombok Barat kembali jebol, lantaran perbaikan yang dilakukan pengembang tidak bagus. Akibatnya satu kendaraan truk terperosok hingga nyaris jatuh ke sungai. Arus transportasi dari dan ke Sekotong pun lumpuh.

Kondisi jembatan ini diprotes oleh warga, lantaran membahayakan warga yang lalu lalang di jembatan tersebut.

Warga mendesak agar rekanan segera memperbaiki jembatan darurat tersebut lebih baik lagi.

Kepala Desa Sekotong Tengah Kecamaran Sekotong Lombok Barat, Lalu Sarapudin, menilai pihak rekanan tidak serius mengerjakan jembatan tersebut.

“Jebol lagi tadi jembatan darurat itu, semakin membahayakan warga. Ada kendaraan nyaris jatuh, “katanya

Sebelumnya juga jembatan darurat yang dibangun, antara perbatasan Desa Sekotong Tengah dengan Desa Cendimanik pernah jebol minggu lalu.

Sarapudin menjelaskan, bahwa jebolnya jembatan darurat diduga beban konstruksi yang tidak sesuai dengan banyaknya kendaraan yang lalu lalang. Juga kualitas konstruksi yang kurang beres, karena diduga menggunakan kayu lapuk.

Karena jembatan merupakan satu-satunya akses masyakarat dari dan ke daerah Lembar dan Gerung.

Warga menyesalkan pengembang, yang tidak pernah turun mengecek kondisi jembatan darurat tersebut.

“Sering patah karena material konstruksi yang kurang bagus,” tegas Saparudin

Pemdes katanya sejak awal sudah menegur pihak rekanan yang mengerjakan proyek jembatan darurat tersebut. Ia menyesalkan pihak rekanan yang kurang memperhatikan kondisi jembatan sehingga membahayakan keselamatan warga. Awal dibangun tahun lalu jembatan ini juga pernah ambruk lantaran hanyut dibawa air sungai. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Jembatan itu kembali dibangun awal tahun ini karena sebagai akses bagi warga menyusul jembatan utama Sekotong dibangun oleh pemerintah.

Jembatan utama di wilayah sekotong mulai dibangun sedang dalam pengerjaan.

Proyek yang bersumber dari APBD I ini telah dibongkar sehingga dibangunkan jembatan darurat sebagai akses lalu lalang masyakarat yang melintas.

Warga berharap pengerjaan jembatan bisa dikerjakan dengan baik dan mengutamakan kualitas. (SN-04)

 

Comments
Loading...