Tim GSC Fokus Tangani Stunting Dengan Pemerintah

Suaranusa.com, Lombok Tengah– Permasalahan anak Stunting (kerdil) saat ini menjadi permasalahan serius yang dilirik Pemerintah, mulai dari tingkat Pusat sampai tingkat Daerah.

Hal ini dibuktikan adanya dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kala, ke Desa Dakung Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, Kamis (05/07/2018) lalu, yang agendanya secara khusus untuk membahas penanganan masalah Anak Stunting (Anak Kerdil).

Program Generasi Sehat Cerdas (GSC), merupakan salah satu program yang menjadikan pilot programnya menangani masalah Stunting, untuk semakin aktif mendorong adanya peraturan khusus Pemerintah Daerah tentang penanganan anak Stunting.

Program GSC merupakan salah satu Program Pemerintah Pusat, yang lahir sejak 2010, yang awalnya menangani masalah Pendidikan dan Kesehatan Ibu Bayi dan Balita. Kini sesuai dengan petunjuk Pemerintah Pusat, Program GSC akan fokus pada penanganan Anak Stunting.

Fasilitator GSC Kabupaten Hasta Nugraha Teja Yuana, saat dikonfirmasi suaranusa.com, Sabtu (07/07/2018) menerangkan bahwa GSC untuk tahun 2018 hanya fokus pada penanganan dan pencegahan Stunting.

“Tahun 2018 ini kami tim GSC akan lebih intens dan fokus dalam penanganan anak stunting, termasuk pencegahannya,” katanya.

Hasta menjelaskan, Tim GSC akan terus berupaya maksimal memberikan kontribusi pada pemerintah terkait penanganan Stunting. Sehingga terbit Peraturan Daerah yang secara khusus tentang Stunting.

“Kami juga akan berusaha mengkoordinir semua program lain, untuk sama-sama perhatian penuh pada Stunting. Tentunya akan lebih bagus ketika ada Peraturan Pemerintah setempat, tentang anak stunting,” tukasnya.

GSC dengan timnya akan melakukan terobosan dan ide, untuk pencegahan dan penanganan Stuntng. (SN-04)

Comments
Loading...