Hari Ketujuh, KPU Masih Menunggu Pendaftar Bacaleg

Suaranusa.com, Sumbawa Besar—KPU Kabupaten Sumbawa hingga hari ketujuh belum juga menerima pendaftaran para bakal calon legistatif (Bacaleg). Kondisi tersebut terjadi sejak pendaftaran dibuka per 4 Juli 2018 lalu. Ditenggarai bahwa para bacaleg masih sibuk mengurus kelengkapan administrasi masing-masing.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, kepada suaranusa.com, menjelaskan bahwa para bacaleg harus memenuhi persyaratan sesuai dengan yang diatur di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 tahun 2018.

“Saat ini masih berlangsung pemeriksaan kesehatan rohani terhadap bacaleg. Prosesnya berlangsung hingga tanggal 12 Juli. Kemungkinan tanggal 13 Juli baru ada yang mendaftar. Masa pendaftaran sampai tanggal 17 Juli 2018,” sebut Syukri.

Jika sudah rampung tahapan pendaftaran, dilanjutkan dengan verifikasi persyaratan untuk mengetahui apakah persyaratan tersebut sudah lengkap dan memenuhi syarat atau tidak. “Tahapan tersebut sesuai dengan perintah PKPU RI Nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/kota,” ujar Syukri. (SN-03)

Comments
Loading...