Pesona Eksotis Lariti Jadi Magnet Destinasi Wisata Baru NTB

suaranusa.com – Pantai Lariti merupakan pantai yang indah dengan eksotika panorama alam yang ada di sekitarnya.

Pantai ini terletak di wilayah selatan Kabupaten Bima, tepatnya di Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape, Nusa Tenggara Barat.

Lokasi Lariti tidak jauh dari Pelabuhan Sape, yaitu gerbang laut yang menghubungkan ujung Pulau Sumbawa dan Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jarak tempuh dari Kota Bima bisa dicapai dalam waktu satu jam perjalanan dengan mengandarai mobil.

Pantai Lariti menawarkan kesunyian yang dibalut keindahan panorama. Pasir yang terbentang di sepanjang pantai serta birunya laut membuat wisatawan yang datang akan enggan berpaling. Ditambah lagi dengan pulau-pulau kecil dan bukit yang berbaris rapi seakan menarik minat untuk berlama-lama di Pantai Lariti Bima ini.

Magnet pesona kawasan ini kian menggoda wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahannnya.

Bentangan indah itu mulai menggoda mata ketika memasuki tanjakan Telkom dan sekitar Vila sampai di kawasan Oi Wontu, Pantai Paju hingga Lampa Jara tempat hamparan pasir putih yang membelah laut menghubungkan ke pulau mungil di sebelah timur.

Menurut beberapa warga yang ditemui di pantai Lampa Jara Lariti, di sebelah selatan terdapat So Panihi tempat ribuan panihi atau kalong mendiami hutan bakau. Di sebelah selatan lagi terdapat Toro Naga atau Tanjung Naga karena di situ terdapat tanjung batu berbentuk naga.

“So Lampa Jara menyimpan romantika sejarah di masa silam. Sebagaimana ditulis Fahru Rizki bahwa areal ini adalah tempat pelepasan hewan dan kuda sultan Bima,” tutur Alan Malingi kepada Suaranusa.com.

Kemunculan kuda putih sultan Bima, kata Alan, diikuti oleh kuda-kuda lainnya di sekitar kawasan Lariti dan sering dituturkan oleh warga yang tinggal di sekitar tempat itu.

Promosi yang gencar akan semakin menambah minat dan daya tarik wisatawan untuk datang ke Lariti. Tentunya diharapkan akan terus menjadi perhatian publik wisata di masa yang akan datang. Apalagi saat ini jalur jalan di kawasan Lariti sedang diperbaiki, maka akan semakin memudahkan akses ke Kawasan Lariti.

Penataan Lariti perlu terus dilakukan terutama penyediaan fasilitas pendukung lainnya seperti toilet, air bersih, kelistrikan, jaringan seluler dan sarana kebersihan seperti bak sampah. Di samping itu, penyadaran  masyarakat akan pentingnya kebersihan perlu terus dilakukan.  Ekosistem di kawasan Lariti dan sekitarnya harus  tetap terawat dan terjaga. (SN01)

Comments
Loading...