Lewat Program Mampu, Pemda Lombok Tengah Muliakan Perempuan Miskin

suaranusa.com – Mengacu pada penerbitan Perpres No. 59/2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ataumdisebut Sustainable Develooment Goals (SDGs) adalah untuk menjaga peningkatan kesejateraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, termasuk juga kehidupan soaial masyarakat, kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang inklusif agar terlaksananya tata kelola yang baik.

Melihat kompleknya persoalan yang dihadapi oleh masyarakat khususnya perempuan miskin, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dengan Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan (MAMPU).

Melalui Mitra Mingrant Care Jakarta dan Perkumpulan Panca Karsa kerjasama dengan Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Lombok Tengah, menggelar Lokakarya yang bertemakan Kepemimpinan Perempuan untuk Pencapaian SDGs di Kabupaten Lombok Tengah, Senin (16/7/2018).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Perencanaan Sosial Pemerintah dan Pembangunan Manusia Bappeda Loteng Zaenal Mustakim, sekaligus memberikan materi komitmen dan Strategi Pemerintah Daerah Untuk Pencapaian SDGs.

“Keterlibatan gender dalam mencapai pembangunan sangat berperan dan memberi pengaruh yang besar bagi setiap daerah, hal ini juga akan membantu menyelesaikan persoalan, agar tercapainya SDGs,” jelasnya.

Dalam konteks Lombok Tengah dari data yang ada di goals 3 dari capaian MDGs yakni tentang keseteraan gender dan pemberdayaan perempuan belum mencapai target MDGs. Sedangkan dalam tujuan SDGs poin 5 jelas dikatakan bahwa tujuannya untuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan. (SN04)

Comments
Loading...