Pasar Brang Bara Belum Maksimal Beroperasi

SUARANUSA.COM – Setelah beberapa bulan selesai dibangun, Pasar Brang Bara akhirnya mulai difungsikan. Namun, pasar tersebut masih belum maksimal beroperasi. Sebab, ada sejumlah sarana dan prasarana yang masih kurang.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbawa, Arif Alamsyah Arsyad, S.STP., M.Si mengatakan, pasar tersebut sudah mulai ditempati. Para pedagang sudah mulai menempati pasar tersebut pekan lalu. “Sudah ada sebagian pedagang lama yang masuk dan mulai berjualan,” ujar Arif.

Dikatakan, para pedagang itu sudah diminta untuk menempati pasar itu sejak seusai idul fitri lalu. Setelah proses pembersihan, akhirnya pasar itu sudah mulai ditempati pekan lalu. Para pedagang ini mulai menempati pasar itu dengan sarana dan prasarana yang ada sementara ini.

Arif mengungkapkan, sarana yang masih belum terpasang di pasar itu adalah instalasi listrik, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan pembenahan lahan parkir. Untuk anggaran IPAL sudah disetujui oleh Pemda Sumbawa. Sebelumnya, ada surat edaran yang melarang penggunaan sisa anggaran APBD. Namun, pihaknya meminta sisa anggaran lelang untuk menyelesaikan sarana dan prasarana di Pasar Brang Bara. Permintaan ini juga sudah disetujui. Bahkan sudah ada perintah untuk menyelesaikan sarana dan prasarana tersebut dalam tahun ini.

Dipaparkan, adapun anggaran untuk pengadaan IPAL ini diperkirakan sekitar Rp. 160 juta. Berupa reaktor pengolahan air limbah skala kecil. Proses pengadaannya nanti dilaksanakan cukup cepat. Bersamaan dengan pemasangan listriknya, sehingga bisa langsung digunakan. Diperkirakan, pembenahan sarana dan prasarana secara keseluruhan akan menelan dana sekitar Rp. 300 juta sampai Rp. 400 juta.

Menurutnya, belum terpasangnya IPAL ini tidak mengganggu lingkungan sekitar. Sebab, pedagang yang berjualan saat ini adalah pedagang kering. Sementara pedagang yang bersifat pangan basah, seperti pedagang ikan dan daging masih belum masuk. Setelah IPAL ini selesai, barulah para pedagang tersebut akan masuk ke pasar. (SN03)

 

Comments
Loading...