Pemilu 2019 Bertabur Artis, Nasdem Terbanyak

SUARANUSA.COM – Karier menjadi politisi, tidak hanya digandrungi oleh kalangan masyarakat menengah dan pengusaha, namun juga diminati oleh kalangan artis. Strategi partai politik (parpol) dalam meraup suara, salah satunya dengan menggaet figur calon legislatif yang sosoknya sudah dikenal luas, salah satunya melibatkan artis menjadi satu bagian kekuatan parpol pada pertarungan pemilihan anggota legislatif 2019 nanti.

Jauh hari sebelumnya, tahapan Pemilu 2019 sudah dicanangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dimulai dengan masa pendaftaran parpol pada 3-16 Oktober 2017 hingga penetapan parpol peserta pemilu pada 17 Februari 2018. Pengajuan calon anggota legislatif (caleg) pun sudah digelar dan ditutup masa pendaftarannya di KPU pada 17 Juli 2018. KPU telah memberikan dua pilihan yakni, peluang masa perbaikan terhadap parpol untuk melengkapi berkas caleg yang belum lengkap atau mengganti nama caleg yang sudah didaftarkan dengan nama caleg baru.

Karena itu, partai tak bisa lagi bersantai-santai, karena waktu sudah sangat sempit. Selain menyiapkan caleg, tentu partai-partai juga akan dipusingkan dengan agenda pengajuan calon presiden, pada Agustus 2018 yang akan datang. Kesiapan partai ini, tentu akan diuji di hari pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang.

“Hal penting dalam mekanisme awal pencalonan anggota legislatif ialah peran-peran informasi yang menjadi prakondisi komunikasi memadai antara partai dengan para caleg. Lingkungan dinamis sebagai dampak modernisasi yang terjadi di berbagai sektor saat ini seharusnya diadaptasi juga oleh partai. Jangan sampai kebiasaan lama diulang, pencalonan dilakukan dadakan” jelas Gun Gun Heryanto, Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute sekaligus sebagai dosen Komunikasi Politik UIN Jakarta.

Representasi partai di pemilihan caleg pada Pemilu 2019 banyak mengahadirkan figur calon dari kalangan artis top dan mantan atlet nasional. Beberapa nama seperti yang diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) mengusung 4 orang nama artis yang akan duduk di legislatif pusat, yakni Nurul Arifin, Tantowi Yahya, Titi Kadi, Charles Bonar Sirait.

Partai Demokrat (PD) selain mengusung artis juga menghadirkan mantan atlit nasional. Caleg yang diusung PD ada 4 orang, Dina Lorenza, Taufik Hidayat, Ricky Subagia, Jene Shalima. Partai Beringin Karya (Berkarya), partai besutan Tommy Soeharto, anak mantan penguasa Orde Baru ini mengusung  Raslinan Rasidin, Donny Kusuma, Annisa Trihapsari, Sultan Djorghi, dan Andi Arsyil.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencomot dua orang gitaris band Seventeen, Ivan dan Herman. Selain itu, caleg dari PKB juga diisi oleh Tommy Kurniawan, Saleh Said Badjuri, penyanyi keroncong Sundari Sukoco, Arzetti Bilbina, dan Zara Vidyananda. Partai Amanat Nasional yang didirikan oleh Amien Rais itu masih menghadirkan nama pelawak Eko Patrio, artis sinetron Primus Yustisio, Desy Ratnasari, dan Dedy Gumelar alias Mi’ing.

Ada 13 orang yang disusung oeh Partai Demkrasi Perjuangan Indonesia (PDIP); Rieke Diah Pitaloka yang memerankan Oneng dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri, Junico Siahaan, penyanyi diva pop Indonesia, Krisdayanti, Ian Gasela (vokalis Radja Band), Katon Bagaskara, mantan vokalis KLA Project, Jeffry Woworuntu, Harvey Malaiholo, Lita Zein, Kirana Larasati, Chica Koeswoyo, Sari Yoek Koeswoyo, Iis Sugianto dan artis sinetron, Angel Karamoy.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menampilkan nama artis Rachel Maryam, Fauzi Badillah, dan Ahmad Dani. Sementara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), partai yang dikenal karena banyak kadernya diisi oleh kaum muda ini hanya memasang Giring Nidji sebagai wakilnya di DPR RI. Sedangkan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menaruh nama Reza Artamevia, Angel Lelga, dan Charlie van Houtten.

Sementara itu, Partai Nasdem paling banyak memasang nama artis sebagai perwakilannya di Senayan. Di NTB, partai ini juga sedang digandrungi oleh sejumlah tokoh daerah karena banyak kader Nasdem pindahan dari Demokrat. Adapun nama-nama yang akan bertarung di DPR pusat sebanyak 26 orang. Nama-nama itu, yakni Olla Ramlan, Kristina, Nurul Qomar, Adly Fairuz, Della Puspita, Conny Dio, Lucky Hakim, Diana Sastra, Ferly Putra, Krisna Mukti, Wanda Hamidah, Nafa Urbach, Cut Meyriska, Annisa Bahar, Venna Melinda, Bertrand Antolin, Jonnatan Frizzi, Lucky Perdana, mantan petinju nasional, Chris Jon, Okky Asokawati, Manohara Odelia Pinot, Afdal, Mandra, Farhan, Syahrul Gunawan dan Vicky Shu. (SN01)

 

Comments
Loading...