Libatkan Banyak Negara, Sail Moyo Tambora 2018 Dinilai Minus Persiapan

SUARANUSA.COM – Gelaran Internasional Sail Moyo-Tambora yang rencananya akan dilaksanakan pada September 2018. Even yang dibungkus dengan promosi pariwisata ini akan dilaksanakan di Pantai Saliperate, Kabupaten Sumbawa. Peserta Sail Moyo-Tambora akan diikuti oleh beberapa negara, termasuk peserta dari negara Eropa.

Kasubbag Tata Usaha Balai Taman Nasional Gunung Tambora, Deny Rahadi menjelaskan, Sail Moyo – Tambora adalah sebuah momentum yang diharapkan sangat efektif dalam rangka upaya promosi potensi pariwisata di NTB. Dengan adanya Sail Moyo –Tambora, diharapkan dampak kunjungan bukan hanya skup berskala destinasi, namun bisa mencapai skala provinsi.

Deny juga mengatakan rangkaian kegiatan Sail Moyo-Tambora ini berisi kegiatan karnaval budaya dan even lainnya. “Yang sangat kita harapkan adalah momentum utama dari kegiatan tersebut yaitu peresmian Taman Nasional Moyo-Satonda, itu yang kita harapkan,” katanya.

Sementara itu, terpisah Ketua Aliansi Pemuda Maritim Indonesia Cabang Sumbawa, Tison Sahabuddin Bungin menyampaikan masukannya terkait persiapan pelaksanaan Sail Moyo-Tambora. Tison menilai perlu dilakukan sosialisasi secara massif lewat instansi dan organisasi kepemudaan yang ada sembari merancang even monumental dari daerah lain dengan standar penyelenggaraan yang profesional dan kreatif.

“Even besar Sail Moyo-Tambora harus segera diimbangi dengan persiapan yang serius. Jika disiapkan dengan tepat dan melibatkan berbagai elemen, maka saya yakin Sail ini tak akan sekadar menjadi tontonan semata melainkan berimbas pada pasca Sail juga,” jelasnya.

Tison juga berharap bahwa even Sail Moyo-Tambora akan berimbas terhadap pembangunan infrastruktur daerah, karenanya, lanjut Tison, simulasi persiapan harus segera diupayakan karena melihat banyaknya peserta tamu yang akan datang dengan parade kapal perang, yacth, dan kapal pemuda nusantara. “Posisi persiapan pada bulan ini harusnya sudah mencapai 90 persen,” katanya. (SN01)

Comments
Loading...