Kuripan Terdampak Gempa, 3 Rumah Warga Rusak

SUARANUSA.COM, Lombok Barat — Gempa bumi berkekuatan  6,4 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Lombok dan dirasakan juga sampai Pulau Bali dan Sumbawa yang terjadi pada Minggu, 29 Juli kemarin juga berakibat bagi masyarakat di Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

Akibat gempa tersebut, setidaknya satu rumah rusak parah dan dua lainnya mengalami rusak ringan di Dusun Tongkek Desa Kuripan.

Kerusakan parah terjadi di rumah Amaq Misbah (63). Bangunan miliknya yang berukuran 5,7 x 6 meter ini roboh di bagian kamar tidur, dapur, dan kamar mandi, kecuali kamar tamu.

Dari hasil pantauan di lapangan kondisi rumah Amaq Misbah bangunannya memang roboh karena sudah tua. “Saat kejadian sekitar jam 07.00 Wita, saya sedang menonton televisi bersama cucu di ruang depan. Tiba-tiba atap kayak goyang-goyang, suara kayu juga berderak. Saya langsung teriak-teriak minta tolong dan berlari keluar untuk menyelamatkan diri,” tutur Amaq Misbah.

Sementara itu,  Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Kuripan  Khaeril Pashil menuturkan bahwa dampak gempa yang terjadi minggu kemarin telah mengakibatkan 1 rumah rusak parah yang dimiliki Amaq Misbah, 2 rumah lainnya dalam kondisi rusak ringan atas nama Khaeriah dan Rohani.

“Rumah yang rusak ringan mengakibatkan tembok belakang retak, namun tidak separah Rumah Amaq Misbah,” uangkapnya di ruang kerja, Selasa (31/7).

Sampai saat ini, lanjutnya, Pemkab Lobar sudah turun untuk memberikan bantuan berupa sembako dan kebutuhan lainnya kepada korban melalui Dinas Sosial.

Pemerintah Desa Kuripan mengungkapkan pihaknya sedang membuat surat ke Pemkab Lobar untuk bisa membantu rumah warga yang rusak akibat gempa tersebut. “Mudah-mudahan bisa terbantu,” harap Khaerul. (SN04)

Comments
Loading...