Resmikan Dam Tanju, Begini Pesan Jokowi pada Petani Dompu

SUARANUSA.COM, Dompu – Usai meninjau dan memberikan bantuan kepada korban gempa bumi di Desa Madayin Kecamatan Sambalia Lombok Timur, Presiden, Ir. H. Joko Widodo beserta ibu negara, Hj. Iriana Joko Widodo, didampingi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dompu, Senin (30/7/2018).

Kehadiran presiden tersebut untuk meresmikan Bendungan Tanju di Kabupaten Dompu. Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu merupakan yang kedua kalinya, sejak sebelumnya pada 2015 lalu, Jokowi  hadir dalam acara peringatan 100 tahun meletusnya Gunung Tambora  pada helatan Tambora Menyapa Dunia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan Bendungan Tanju.  Jokowi juga menceritakan sebanyak 231 waduk yang telah terbangun. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan Amerika yang membangun 6011 waduk, Jepang 3000 waduk, dan China 110000 waduk. Menurutnya, waduk yang terdapat di Indonesia masih kurang. Karena itu, perlu dibangun waduk yang lebih banyak lagi.

Presiden juga menyampaikan di NTB ini akan diselesaikan 5 Dam/waduk. Bahkan NTB merupakan yang terbanyak dibanding provinsi lain. Jokowi juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bendungan Tanju dapat mengairi lahan pertanian sebanyak 2250 ha, dengan kapasitas daya tampung air sekitar 18 juta meter kubik. Keberadaan bendungan Tanju ini diharapkan komoditas pertanian di Dompu dapat meningkat.

Sebelumnya, Gubernur NTB, dalam sambutannya melaporkan bahwa  di Dompu terdapat dua bendungan yang akan menyatukan Raba Baka Kompleks. Salah satunya adalah bendungan tanju yang telah diresmikan pada Senin (30/7) kemarin. Sedangkan Bendungan Mila progresnya kontsruksinya baru mencapai 80 persen.

Gubernur yang lebih dikenal Tuan Guru Bajang (TGB) saat itu juga hadir bersama istri, Hj. Erica Zainul Majdi. Peresmian Bendungan Tanju tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Presiden didampingi Mentri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur NTB* (SN05)

Comments
Loading...