Doktor Zul Siapkan Ahli Bangunan Untuk Cek Rumah Warga Korban Gempa

Suaranusa.com- Gubernur terpilih NTB Zulkieflimansyah meminta kepada seluruh warga untuk berhati dan waspada akan datangnya gempa susulan. Ia meminta warga sebaiknya menghindari bangunan yang retak demi keselamatan.

Hal itu diungkapkan pria yang akrab disapa doktor Zul ini saat mengunjungi korban gempa di beberapa titik di Wilayah Kabupaten Lombok Tengah, di Camp Camp Pengungsian.

“Yang rumahnya retak-retak sebaiknya jangan ditempati dulu. Tetap waspada, karena kejadian seperti gempa sangat sulit untuk bisa diprediksi secara akurat, tunggu hingga ada keputusan resmi dari Pemerintah, sampai benar, benar dinyatakan aman,” kat Doktor Zul, Sabtu (25/8/2018).

Doktor Zul mengatakan, saat ini dirinya sedang berusaha untuk mendatangkan para ahli bangunan yang akan mengamati bangunan atau rumah yang retak akibat gempa apakah layak atau tidak untuk ditempati.

Jika bangunan tersebut sudah retak namun para ahli bilang layak untuk ditempati maka bisa dipastikan aman. Namun jika menurut ahli bangunan yang retak tersebut sudah tidak aman, maka cara satu satunya adalah dirobohkan.

“Nanti akan kami kirim beberapa orang ahli untuk menilai apakah rumah rumah dan bangunan yang retak tersebut masih layak dihuni atau baiknya dirobohkan sekalian, ada ahli yang tahu tentang itu semua,” kata Zul.

Selain itu Doktor Zul juga memberi motivasi kepada para pengungsi sekaligus memberikan pesan kepada warga untuk tetap sabar dalam menghadapi musibah ini.

“Ini adalah musibah, yang inshaAllah memberikan makna dan hikmah tersendiri kepada kita semua, mari kita hadapi dengan penuh ketenangan dan kesabaran, serta senantiasa berdo’a kepada Allah SWT, agar diberikan keringanan dan keselamatan dunia dan akhirat,” kata dia.

“Ditengah kesedihan dan airmata, mari kita tetap tegar, jangan pernah berputus asa, terus bersyukur atas nikmat kesehatan, keselamatan yg diberikan kepada kita, yang alhamdulillah diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk selamat dari gempa,” imbuh Doktor Zul.

Pemerintah Akan Tindak Lanjuti KerugianAkibat Gempa.

Adapun kerugian yg terjadi akibat gempa, kata Doktor Zul, dalam waktu singkat akan segera ditindak lanjuti oleh pemerintah. Sesuai. dengan data-data tentang banyaknya korban, dan bangunan bangunan, serta rumah rumah yang roboh dan rusak akibat gempa.

Karena itu ia berharap agar proses pendataan korbn dan bangunan yang porak poranda akibat gempabumi cepat diselesaikan. Sehingga pemerintah bisa mengucurkan dana untuk mengganti kerugian tersebut.

“InshaAllah pemerintah juga akan segera membantu dan mengusahakan sebisa mungkin, mohon do’a dan dukungan, agar proses-prosesnya dipercepat, dan musibah gempa segera berlalu,” kata Doktor Zukieflimansyah.

Comments
Loading...