Lakpesdam NU Mataram Agendakan Program Psikososial Anak Korban Gempa

 

Suaranusa.com, Mataram-

Musibah gempa bumi yang terjadi di Mataram dan Lombok menimbulkan banyak dampak bagi warga yang menjadi korban. Anak-anak, menjadi salah satu kelompok rentan terhadap dampak psikologi dan sosial (psikososial).

Karenanya, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Mataram saat ini menyiapkan program pemulihan psikososial bagi anak-anak korban gempa bumi di Lombok.

Ketua Lakpesdam NU Mataram Jayadi menjelaskan, program psikososial bertujuan meningkatkan dan memperkuat kepercayaan anak-anak untuk menghadapi tantangan masa depan serta memulihkan mereka dari pengalaman masa lalu.

“Program psikososial nantinya akan meliputi kegiatan rekreasional dengan anak, kegiatan terstruktur dengan anak dan pertemuan reguler dengan orangtua,” jelasnya, Selasa (18/9).

Manfaat program psikososial kata Jayadi, dapat menumbuhkan resiliensi anak. Yakni mendorong kemauan dan kemampuan anak untuk mengatasi tantangan sehingga dapat tumbuh kembang dengan sehat dan positif.

Anak-anak korban gempa sambungnya, diharapkan dapat terlepas dari kesulitan hidup dan mampu menghadapi dampak gempa yang telah terjadi.

“Kegiatan psikososial ini sifatnya partisipatif karena akan dikelola langsung bersama masyarakat yang terdampak gempa,” terangnya.

Sebagai langkah awal lanjut Jayadi, Lakpesdam NU Mataram akan melakukan assesment dibeberapa kelurahan terdampak gempa di Mataram. Jika dibutuhkan masyarakat, Lakpesdam NU juga akan melaksanakan di kabupaten dan kota lainnya yang terdampak gempa di NTB.

Comments
Loading...