Cegah Pekerja Asing Illegal, Imigrasi Mataram Razia Perusahaan dan Hotel Se-Pulau Lombok

Suaranusa.com, Mataram- Puluhan Petugas kantor Imigrasi Kelas 1 Mataram menggelar operasi simpatik di sejumlah perusahaan dan penginapan di berbagai tempat wisata se-pulau Lombok pada Sabtu (8/12)

Operasi ini bertujuan untuk mengecek keberadaan orang asing yang bekerja secara illegal jelang pergantian tahun khususnya di tempat penginapan.

“Sebagaimana kita ketahui pasti ketika malam tahun baru banyak hotel ataupun cafe dan sejenisnya yang biasa menggunakan tenaga kerja asing. Oleh karena itu, saat ini kita ingin memberikan pemahaman maupun pengertian apa saja syarat-syarat yang harus mereka penuhi sehingga kegiatan akhir tahun maupun malam tahun baru dapat bejalan dengan lancar tanpa gangguan dari pihak manapun,” kata Kurniadi, Kepala kantor Imigrasi Mataram, Minggu (9/12)

Sempat terjadi ketegangan saat pihak Imigrasi memeriksa salah penginapan di Gili Air yang tidak dapat menunjukkan daftar data orang asing yang menginap di hotel.

Namun ketegangan tersebut berhasil diredam setelah petugas melakukan pendekatan secara persuasif dengan memberikan keterangan tentang pentingnya data orang asing yang datang ke Lombok.

Kurniadi mengatakan tujuan operasi ini selain mengecek keberadaan orang asing di tempat penginapan, juga untuk memperkenalkan program-program yang akan ataupun sudah dilakukan oleh kantor Imigrasi mataram kepada pengelola penginapan seperti APOA (Aplikasi Pelaporan Orang Asing).

Selain itu, Operasi ini juga dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat ataupun pengguna tenaga kerja asing bahwa apapun kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Orang asing yang datang itu terikat dengan peraturan perundang-undangan. Jadi mereka harus mengikuti aturan tersebut karena ini adalah negara hukum,” kata Kurniadi.

(SN/Feb)

Comments
Loading...