Cara Mengusir Cicak Dengan Efektif

https://news24online.com/


Cicak memang tidak berbahaya, tapi pasti kamu tidak ingin mereka berkeliaran di rumah, kan? Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengusir cicak dengan bahan-bahan yang mungkin sudah kamu miliki di rumah.

Simak sembilan cara mudah berikut ini untuk mengusir cicak dari dalam dan luar rumahmu.

Apa yang Menarik Cicak ke Rumah dan Tamanmu?

Cicak tertarik pada makanan, air, dan tempat berlindung di sekitar rumah. Serangga kecil dan tanaman menyediakan makanan bagi cicak, sedangkan air yang tergenang, seperti kolam atau pipa bocor, menjadi sumber air bagi mereka. Semak-semak yang rimbun atau vegetasi di taman juga menarik bagi cicak untuk bersembunyi dari panasnya matahari.

Cara Mengusir Cicak

Kalau kamu sering melihat cicak di rumah, berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba:

  1. Semprotan Lada Cicak sangat tidak suka dengan lada. Kamu bisa membuat semprotan lada sendiri dengan mencampur air dengan bubuk cabai atau lada cayenne. Semprotkan campuran ini di sudut-sudut rumah, terutama di dekat pintu masuk atau tempat cicak suka bersembunyi. Bau yang menyengat akan membuat cicak berpikir dua kali sebelum masuk.
  2. Bawang dan Bawang Putih Letakkan bawang merah atau bawang putih di sekitar rumah untuk mengusir cicak. Kamu juga bisa mencampurkan bawang dengan air, lalu semprotkan di sudut-sudut ruangan. Bau kuat dari bawang ini sangat tidak disukai oleh cicak.
  3. Cuka Campurkan cuka putih dengan air dan semprotkan di sekitar pintu masuk rumah. Bau cuka yang kuat akan membuat cicak tidak betah dan pergi dari rumahmu.
  4. Kapur Barus (Kelereng Naphthalene) Kapur barus memiliki bau yang kuat dan bisa mengusir berbagai jenis hama, termasuk cicak. Letakkan kapur barus di tempat-tempat di mana kamu sering melihat cicak, seperti di bawah lemari dapur, kamar mandi, atau di ruang bawah tanah.
  5. Bulu Merak Bulu merak bisa membuat cicak ketakutan karena mereka mengasosiasikan bulu ini dengan predator. Letakkan bulu merak di rumah atau taman sebagai dekorasi sekaligus untuk mengusir cicak.
  6. Kulit Telur Kulit telur juga bisa mengusir cicak karena baunya yang kuat. Letakkan kulit telur di sekitar taman sebagai penghalang alami. Bonusnya, kulit telur juga bisa menjadi pupuk alami untuk tanah!
  7. Permukaan Reflektif Letakkan permukaan yang mengilap atau reflektif seperti CD atau cermin di dalam rumah. Cicak cenderung takut dengan gerakan yang terpantul di permukaan ini, sehingga mereka akan menjauh.
  8. Tanaman Beberapa tanaman seperti peppermint, eucalyptus, atau serai memiliki bau yang tidak disukai cicak. Tanam tanaman ini di taman untuk mengusir cicak tanpa perlu perawatan ekstra.
  9. Ampas Kopi Ampas kopi bisa menjadi cara efektif untuk mengusir cicak. Bau yang kuat dan teksturnya yang kasar tidak disukai oleh cicak. Taburkan ampas kopi di sekitar fondasi rumah, taman, dan dekat pintu masuk.
  10. Kucing Tidak hanya tikus yang suka dikejar kucing, cicak pun bisa jadi sasaran. Kucing yang penasaran akan membuat cicak ketakutan dan tidak berani masuk ke rumah.

Nah bagi kamu yang ingin mengusir cicak, cobalah salah satu dari cara-cara ini untuk memastikan rumahmu bebas dari cicak!


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak