Resep Menyiapkan Asam Pedas Ikan Baung Yang Sempurna

Enak, Lezat dan Nikmat.

Resep Memasak Asam Pedas Ikan Baung Yang Sempurna Ikuti Caranya Dibawah. Asam Pedas Baung adalah masakan yg terkenal di daerah Riau Khususnya Kampar. Memakai ikan patin, disebut Asam Pedas Patin. Sayangnya ikan Baung tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang.

Asam Pedas Ikan Baung Sama seperti patin, asam pedas ikan baung jadi favorit di Riau. Baung yang memiliki nama latin Mystus Nemurus, masih sekerabat dengan lele. Sehingga bentuk tubuhnya pun agak mirip lele. Bunda bisa menyiapkan Asam Pedas Ikan Baung dengan 17 bahan dan 4 langkah. Inilah langkah-langkahnya.

Bahan untuk Asam Pedas Ikan Baung

  1. Ambil 1 ekor ikan baung (dipotong 4).
  2. Anda butuh 4 biji bawang merah kecil.
  3. Anda perlu 5 ulas bawang putih.
  4. Ambil Kunyit hidup (sebesar ibu jari).
  5. Anda perlu 2 batang serai.
  6. Ambil 1 1/2 cawan cili kisar.
  7. Siapkan 1 keping asam keping.
  8. Anda butuh 1/3 cawan air asam jawa.
  9. Ambil 1 batang bunga kantan.
  10. Anda perlu Sedikit daun kesum.
  11. Ambil 1 biji tomato.
  12. Anda perlu Bendi (secukupnya).
  13. Ambil Garam (secukupnya).
  14. Ambil Gula (secukupnya).
  15. Anda butuh Ajinamoto (jika suka).
  16. Siapkan Minyak untuk menumis.
  17. Anda butuh Air suam.

Ikan air tawar ini banyak ditemukan di sungai, rawa, danau dan waduk. Kami menyediakan menu utama "Asam Pedas Ikan Baung" serta pelbagai menu ala-ala kampung yang lain. Asam pedas (Indonesian and Malay: asam pedas; Minangkabau: asam padeh; English language: sour and spicy) is a Maritime Southeast Asian sour and spicy fish stew dish. Hidangan dengan rasa pedas dan asam ini langsung pecah dimulut sejak suapan pertama.

Cara memasak Asam Pedas Ikan Baung

  1. Basuh ikan bersama limau kasturi sehingga hilang bau.Sediakan bahan-bahan yang lain.Tumbuk bawang merah,bawang putih dan kunyit hidup.Titik hancur serai..
  2. Panaskan minyak,tumis bahan yang ditumbuk berserta serai sehingga berbau harum.Masukkan cili kisar dan asam keping.Tumis sehingga cili masak dan terbit minyak.Kemudian tuangkan air.Biarkan sehingga kuah mendidih..
  3. Bila kuah sudah mendidih,masukkan ikan dan tuangkan air asam jawa.Perasakan garam,gula dan ajinamoto secukupnya.Masukkan juga daun kesum,bunga kantan,tomato dan bendi.Biarkan sehingga mendidih dan ikan masak..
  4. Sedia dihidang bersama nasi panas!!.

Nah, pasti penasaran dengan rasanya kan? Ikuti saja resep Asam Pedas Ikan Baung ini. Asam pedas (bahasa Indonesia) atau asam padeh (bahasa Minangkabau) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau dan kemudian menyebar di kawasan Melayu (Riau, Kepulauan Riau, Jambi,, Kalimantan Barat, dan Semenanjung Malaya) yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Beberapa di antaranya adalah ikan tongkol, ikan patin, ikan tenggiri, ikan kembung, ikan kakap, ikan tuna, ikan gurami, cumi-cumi, dan masih Beda halnya dengan di Riau di mana masyarakatnya lebih suka memasak asam pedas dengan aneka macam ikan seperti ikan patin, ikan baung, ikan selais. Ikan baung ni banyak terdapat di sungai di sini.

Gratis Download ebook Resepi